Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Komputer pada Materi Kesebangunan di Kelas IX MTS Negeri 1 Palembang

Authors

  • Veven Hernandes Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Isnaini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Gusmelia Testiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.418

Keywords:

Bahan ajar matematika, kesebangunan, valid, praktis

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matematika dengan menggunakan komputer pada materi kesebangunan untuk sekolah menengah pertama yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika serta agar siswa lebih tertarik belajar pelajaran matematika.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D). Subyek dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu siswa kelas IXCyang berjumlah 40 siswa sebagai kelompok besar dan 10 siswa dari 40 siswa kelas IXA sebagai kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket kepraktisan dan observasi kepraktisan. Berdasarkan hasil validasidari 6 validator diperoleh skor rata-rata sebesar 88,73 yang tergolong kategori sangat valid. Berdasarkan angket kepraktisan pada tahap uji coba produk kelompok kecildiperoleh hasil rata-rata dalam kategori praktisyaitu 89,38 dan rata-rata observasidalam kategori praktis yaitu sebesar 85. Sedangkan pada tahap uji pemakaian kelompok besar diperoleh hasil rata-rata dalam kategori praktis yaitu 85,26 dan rata-rata observasi dalam kategori praktis yaitu sebesar 85,24. Sehingga bahan ajar matematikayang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran kesebangunan.

References

Mastur Faizi, Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid, Jogjakarta DIVE press. 2013.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Alfabeta: Bandung, 2013.

Nora Surmilasari, Pengembangan Multimedia Pada Pokok Bahasan Menentukan Jarak pada Bangun Ruang di kelas X SMA, UNSRI, Tesis. 2013.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara 2009.

Riduwan, Metode dan Teknik menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Hernandes, V., Isnaini, M., & Testiana, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Komputer pada Materi Kesebangunan di Kelas IX MTS Negeri 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 281–292. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.418

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.