Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang

Authors

  • Bubin Florayu Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Isnaini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Gusmelia Testiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.428

Keywords:

Media pembelajaran komik, hasil belajar siswa, pertidaksamaan linear satu variabel, kesetaraan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran komik untuk meningkatkan matematika siswa hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan desain exprimental benar dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang di 2014/2015 tahun akademik yang terdiri dari dua belas layani dengan 480 siswa. Dari dua belas kelas populasi diambil dua kelas, itu VII.5 yang yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok kontrol dan VII.4 yang yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam pertemuan ketujuh. Pada pertemuan pertama, pretest penelitian ini dilakukan di kelompok eksperimen dan kontrol whith tujuannya adalah untuk mengetahui dasar kemampuan siswa sebelum diberikan pengobatan. kedua sampai pertemuan keenam, kedua kelas diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dengan media pembelajaran komik dan kelompok kontrol dengan model konvensional dengan kesetaraan materi dan pertidaksamaan linear satu variabel. Sebagai bahan subjek dalam pertemuan ketujuh, kedua kelas diberi posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah pengobatan yang diberikan. Data penelitian ini diambil oleh tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa siswa hasil belajar matematika setelah belajar t_test Media appliec komik showec belajar = 1.14> tabel = 1,667 sehingga hipotesis nol (H0) diterima, berarti ada perbaikan siswa belajar hasil komik setelah media pembelajaran tidak Kenaikan untuk siswa kelas VII SMP N 10 Palembang.

References

Abdurahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta : Jakarta

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Komara, Sakinah. (2010). Pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap hasil belajar matematika siswa ( kuasi eksperimen di MTs negeri 22 jakarta timur).http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle /123456789/21590(di akses tanggal 12-05-2011)

Riduwan. (2013). Dasar–dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah. (2004). Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume I. Jakarta.

Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. (2001). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Supandi dan Asep. (2009). Optimalisasi Penggunaan Alat Peraga Model Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Luas Bangun Ruang Bagi Siswa Kelas 8A SMP Negeri 5 Surakarta Semester Genap Tahun 2008/2009. Jurnal Vol.2 No. 6 Oktober 2009, ISSN:1979-6161. (diakses tanggal 28-11-2014)

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Florayu, B., Isnaini, M., & Testiana, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.428

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.