Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB

Authors

  • Mara Doli Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Elfrianto Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Feri Haryati Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.430

Keywords:

Pendekatan metakognitif, pemrograman Matlab, metode numerik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran untuk metode numerik which dirancang dengan pendekatan metakognitif pemrograman dibantu matlab. Model pengembangan bahan pembelajaran menggunakan Penelitian dan Pengembangan (R & D) WHO metode dikembangkan oleh Borg dan Gall dan dikombinasikan dengan model pengembangan pengajaran Dick dan Carey. Populasi untuk uji coba produk adalah mahasiswa UMSU jurusan pendidikan matematika. Instrumen which digunakan adalah kuesioner. Produk ini memiliki tiga langkah uji gruops Termasuk pribadi, gruops kecil dan lapangan. Sebelum uji coba produk, peneliti tidak ahli sidang validasi atas isi dan desain bahan pembelajaran untuk metode numerik dengan menggunakan kuesioner Menurut indikator yang telah ditentukan. Kemudian kuesioner dianalisis untuk melihat persentase dan kriteria validasi bahan Learning. Hasil dari penelitian ini adalah metode numerik yang dirancang diktat digunakan metakognitif pendekatan dibantu pemrograman Matlab.

References

Borg. W.R. and Gall, M.D. (1987). Educational Reaserch: An Introduction. London: Longman, Inc.

Daries, I. (1981), Instructional Tenchnology and Media, MC Graw Hill Company, Newyork

Fauzi. A. (2011). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi pada PPS UPI: Tidak diterbitkan.

Goos, M. (1995).Metacognitive Knowledge, Belief, and Classroom Mathematics. Eighteen Annual Conference of The Mathematics Education Research Group of Australasia, Darwin, July 7-10 1995.

Haryati, Feri. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill. Tesis pada PPs UPI: Tidak diterbitkan

Munir, Renaldi. (2013). Metode Numerik. Bandung: Informatika Bandung.

Noornia, Anton. (2011). Cooperative Learning with Metacognitive Approach Ton Enhance Mathematical Critical Thinking And Probelem Solving Ability And the Relation To Self Regulated Learning. Jurnal International Seminar and the 4th National Conference on Mathematics Education. Juni 2011

Novaliyosi. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Investigasi. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Presiden RI .(2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Schneider, W. & Artelt, C. (2010). Metacognition and mathematics education. ZDM -The International Journal on Mathematics Education 42(2): 149–161.

Sianifar, R.H. (2013). Pemrograman Matlab. Bandung: Informatika Bandung

Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Doli Nasution, M., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.430

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.