Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang

Authors

  • Eliza Ayu Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amir Rusdi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Agustiany Dumeva Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.431

Keywords:

model pembelajaran mastery learning (belajar tuntas), kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, sistem persamaan linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desain pretest – posttest control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh  siswa kelas X yang ada di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X4 dengan jumlah 37 siswa sebagai kontrol dan kelas X1 berjumlah 37 siswa sebagai kelas ekprimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan observasi kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan hasil rata-rata observasi aktivitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 74.

References

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2013. Dasar – dasar statistika. Bandung: Alfabeta

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Ismail. 2013 Model-Model Pembelajaran Moderen. Palembang: Tuntas Gemilang Press.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer:Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Ayu Pratiwi, E., Rusdi, A., & Dumeva Putri, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–92. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.431

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 43 44 45 46 47 48 

You may also start an advanced similarity search for this article.