Kombinasi Tutorial dengan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika di Perguruan Tinggi

Authors

  • Senja Putri Merona Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.437

Keywords:

tutorial, tanya jawab, pemahaman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah kombinasi tutorial tambahan dengan metode tanya jawab yang dapat meningkatkan pemahaman matematika mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang memprogram matakuliah Statistika Matematika pada semester genap 2015/2016. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan tutorial dengan tanya jawab  yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan: pada tahap ini dosen mempelajari bahan ajar, mengidentifikasi bagian yang dirasa sulit, dan menyusun strategi pembimbingan, (2) Persiapan: pada tahap ini dosen menyiapkan bahan ajar tambahan, menyiapkan soal-soal sederhana sebagai latihan dan analogi untuk menyelesaikan permasalahan serupa yang lebih kompleks, (3) Pelaksanaan: pada tahap ini dosen mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan mahasiswa dan melaksanakan tutorial untuk menyelesaikan kesulitan tersebut. Pelaksanaan tutorial dikombinasikan dengan tanya jawab dengan metode reinforcement dan prompting, dan (4) Evaluasi dan Penutup: pada tahap ini dosen melaksanakan konfirmasi untuk memastikan bahwa mahasiswa telah dapat mengatasi kesulitannya dan mememinta mahasiswa untuk mengerjakan tugas tambahan untuk memantapkan pemahamannya. Dari hasil tes akhir siklus diperoleh skor pemahaman matematika siswa pada siklus satu yaitu 42.86% dan 80.95% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman matematika mahasiswa mengalami peningkatan.

References

Anshar, M dan Sembiring RK. 2000. Hakekat Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas

Gintings, Abdorrakhman, 2008, Essensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora.

Hiebert, J. & Carpenter,T.P. 1992. Learning & Teaching with Understanding. Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (http://kbbi.web.id/tutor)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (http://kbbi.web.id/tutorial)

Martono, K. 1999. Kalkulus. Jakarta: Erlangga

Mertler, C. A. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan Sekolah dan Memberdayakan Pendidik, Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Skemp, R. R. 1987. The Psychology of Learning Mathematics. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Putri Merona, S. (2017). Kombinasi Tutorial dengan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika di Perguruan Tinggi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 153–162. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.437

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.