Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013

Authors

  • Ilham Rizkianto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rusgianto Heri Santosa Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.444

Keywords:

analisis buku, buku matematika siswa, kurikulum 2013, pembelajaran matematika, book analysis, students’ mathematics book, 2013 curriculum, mathematics learning

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memformulasikan masukan sebagai bahan pertimbangan dalam penyempurnaan buku matematika siswa SMP kurikulum 2013. Sehingga nantinya kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam buku matematika siswa SMP kurikulum 2013 dapat diminimalisisr dan layak dipakai oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik, yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang realitas pada objek yang diteliti secara objektif. Penelitian ini menekankan pada satu variabel yaitu kebenaran konsep pada buku matematika siswa SMP kurikulum 2013. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam buku matematika siswa SMP kurikulum 2013 masih terdapat banyak kesalahan. Kesalahan ini berupa kesalahan dalam penulisan maupun dalam merumuskan konsep pembelajaran matematika.

The aim of this present study is to formulate suggestions as a consideration in improving junior high school students’ mathematics book 2013 curriculum. Later on, the mistakes found in the book can be minimalize and suitable to be used by students. The sort of this study is a analitic descriptive research, namely a research that intends to give representations about reality towards objects that have been studied objectively. This research study stresses in one variable, namely the truth concept in junior high school students’ mathematics book 2013 curriculum. The result of the analysis shows that in Junior High School students’ mathematics textbook 2013 curriculum was found many mistakes. The mistakes include wrong spelling in written the words and wrong formulation of mathematics learning concepts.

References

Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Graha Ilmu

Ahmad Susanto. (2013) .Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Kurikulum dalam Konteks Standar Nasional Pendidikan.

Blancard, A. (2001). Contextual Teaching and Learning. B.E.S.T.

Bishop, A. J., Mellin, O., Stieg & van Doormolen, J. (1991). Mathematical Knowledge: Its Growth Through Teaching. London: Kluwer Academic Publisher.

Erman Suherman, dkk. (2003).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. CD-B Press Freudenthal Institute, Utrecht, The Netherlands.

Gredler, M. E. (1986). Learning and instruction:Theory into Practice. Wiley Periodicals, Inc: New York

Hamzah B Uno. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hairur Rahman. (2007). Indahnya Matematika dalam Al-Qur’an. Malang : UIN Malang Press.

Heinich, R., Smaldino, S. E., & Russel, J. D. (2004). Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Education.

Hergenhahn, B. R & Olson, M. H. (1982). An Introduction to the Theories of Learning. Prentice Hall.

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Johnson, E.B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.

Kemdikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mndikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Kemdikbud. (2013). Kompetensi Dasar Matematika SMP/MTs. Jakarta :Kemdikbud

Kemdikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Martiyono. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Kebumen: Aswaja Pressindo

Mazur, B., Jerison, D., & Schmid, W. (1999). Current Development in Mathematics. International Press of Boston.

Nur, M. dkk. (2001). Pengembangan Perangkat Pembelajaran MIPA untuk Siswa SLTP Kategori Kontekstual Cawu 1. Laporan Penelitian. Tidak diterbitkan.

Orton, A. (1987) . Learning Mathematics. London: Casel Educational Limited.

Pusat Perbukuan. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Riedesel, C. A., Schwarts, J. E & Doughlas, H. (1996). Teaching Elementary School Mathematics. Boston: Allyn and Bacon.

Romizowski, A. (1990). Design Instructional systems: Decision-making in course planning and curriculum design. London: Kogan page.

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning, teori, riset, dan praktek. Nusa Media: Bandung.

Sri Wardhani. (2006). Contoh Silabus dan RPP Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sri Wardhani. (2010). Implikasi Karakteristik Matematika dalam Penacapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di SMP/MTs. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Trianto. (2009) .Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Mendesain model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Williams, D. L. 2007. The What, Whay, and How of Contextual Teaching in Mathematics Classroom. Mathematics Teacher. NCTM. 100(8), 572-575.

Downloads

Published

2017-05-30

How to Cite

Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 229–236. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.444

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.