Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Teknik Berikan Uangnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang

Authors

  • Mutiara Nofa Nst STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Rahmi STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.449

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Teknik Berikan Uangnya, Mathematics Learning Outcomes, Problem Based Learning Model, Techniques Give The Money

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah dan masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).  Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah disertai teknik berikan uangnya lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang.  Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Terpilih kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah disertai teknik berikan uangnya lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 16 Padang.

The background of this research by outcomes of student study still low and still many students of yet reached the minimum completeness criteria (KKM). The purpose of this research to know what the outcomes of study mathematics students with apply the problem-based learning model with techniques give the money better than apply the conventional learning of study at eighth grade in SMPN 16 Padang. The kind of this research is experimental research with design is random by the subject. Selected class VIII 6 as experimental class and VIII 5 as control class. The instrument of this research is test like essay with use reliability = 0,7062. Statistic test used for hypothesis testing is t-test of the parties. Hypothesis test result obtain = 1,78 and = 1,67 with, then > so the hypothesis of this research is accepted. So, it can conclude that result of study in mathematics with apply the problem-based learning model with techniques give the money better than apply the conventional learning of study at eighth grade in SMPN 16 Padang.

References

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan taktik Mengajar. Jakarta: PT Indeks.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Walpole, Ronald E. 1993. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2017-05-30

How to Cite

Nst, M. N., & Rahmi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Teknik Berikan Uangnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 273–278. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.449

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 43 44 45 46 47 48 49 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.