Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Bilangan Pecahan

Authors

  • Budianto SD Negeri Cipedak 06 Pagi Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.523

Keywords:

Realistik, Penelitian Tindakan Kelas, Bilangan Pecahan, Hasil Belajar, Realistic, Action Research, Fractions, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses pembelajaran dan perolehan hasil belajar yang tidak seimbang antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor di SD Negeri Cipedak 06 Pagi Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Subjek penelitian dilakukan di kelas V SD dengan jumlah siswa 32. Perbaikan di titik beratkan pada pemilihan model pembelajaran, agar model yang dipilih lebih mengutamakan keterlibatan siswa secara efektif di dalam memahami dan menerapkan konsep yang dipelajarinya, model yang dimaksud adalah model penerapan matematika realistik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah SD Negeri Cipedak 06 Pagi Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan; dilaksanakan 2 siklus 4 pertemuan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Aktivitas di luar jam pelajaran dari siklus I sampai siklus II semakin berkurang dan pembelajaran semakin efektif dan tentunya menyenangkan. Pada siklus I berhasil dengan baik ditandai dengan adanya peningkatan hasil tes dari hasil pre-test meningkat dalam post-test pada tindakan pertama dari 43,75% menjadi 71,88% terjadi peningkatan sebanyak 28,13 % dengan rata-rata sebesar 67,81. Sedangkan dalam tindakan kedua hasil Pre-Test dan Post-Test adalah 68,75% menjadi 75% dengan rata-rata 69,97. Hasil dari Siklus II tindakan pertama dalam pre-test dan post-test adalah dari 75% menjadi 81,75% dengan rata-rata 73,06. Hasil pre-test dan Post-test dari tindakan kedua adalah 84,38% menjadi 93,75% dengan rata-rata 77,94.

This research is motivated by the low learning process and audit of learning outcomes that are not balanced between cognitive, affective and psychomotor in aspects of Cipedak 06 Pagi Public Elementary School, Jagakarsa District, South Jakarta. The subject of the study was conducted in grade V elementary school with the number of students 32. Improvements in the selection of learning models, a model that prioritized students in understanding and applying the concepts they learned, a model that is a model of the application of realistic mathematics. The research method is a Design Activity. The subject of this research is SD Negeri Cipedak 06 Pagi, Jagakarsa District, South Jakarta; which implemented 2 cycles of 4 meetings in the even semester of the 2017/2018 school year. Activities in the Learning cycle from cycle I to cycle II are reduced and effective. In the first cycle it worked well with the results of the pre-test results increased in the post-test on the first action from 43.75% to 71.88% an increase of 28.13% with an average of 67.81. Whereas in the second action, the results of the Pre-Test and Post-Test were 68.75% to 75% with an average of 69.97. The results of Cycle II's first action in the pre-test and post-test were from 75% to 81.75% with an average of 73.06. The results of the pre-test and Post-test from the second action were 84.38% to 93.75% with an average of 77.94.

References

Afriansyah, E. A. (2012). Implementasi PMRI dalam Materi Sifat Komutatif dan Asosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 67–72.

Afriansyah, E. A., & Putri, R. I. I. (2014). Design Research: Konsep Nilai Tempat Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI, 8(1), 13–24. Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/1857/761

Afriansyah, E. A. (2016a). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. LEMMA, II(2), 96–104. https://doi.org/10.22202/jl.2016.v2i2.578

Afriansyah, E. A. (2016b). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280.

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 6(3), 463–474.

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 6(2), 207–216.

Anggraini, V., Jufri, L. H., dan Juliati, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Make a Match dan Index Card Match pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 6(2), 201–206.

Florayu, B., Isnaini, M., dan Testiana, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45–51.

Gravemeijer, K. (1994) Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Kluwer Academic Publisher.

Heruman, (2007). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Julita. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan dan Hasil Belajar Matematika melalui Problem Based-Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 143–154.

Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis

Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307–314.

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan

RME. Jurnal Matematika, 17(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/3691/2370

Madio, S. S. (2012). Model Pembelajaran Generatif dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–34.

Marpaung, Y. dan Julie, H. (2009). PMRI dan PISA: Suatu Usaha Peningkatan Mutu Pendidikan Matematika di Indonesia. Retrieved from: http://p4mriusd.blogspot.com/

Nst, M. N. dan Rahmi, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Teknik Berikan Uangnya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 273–278.

Putri, K. C. dan Sutriyono. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295–306.

Razak, F. dan Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 133–142.

Rusyan, T. dkk. (1996). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sari, S. P. dan Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37–54.

Sari, E. F. P. (2016). Penerapan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 18 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 335–342.

Slettenhaar. (2000). Adapting Realistic Mathematics Education in the Indonesian Context. Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia. Bandung: Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000.

Suherman dan Kusumah. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Budianto. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 413–424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.523

Issue

Section

Articles