Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Alfi Yunita STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Ratulani Juwita STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Suci Elma Kartika STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.589

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, Learning Outcomes, Cooperative Learning

Abstract

Anggapan bahwa matematika sulit dan besarnya rasa takut siswa untuk bertanya pada guru menjadi permasalahan tersendiri dalam pembelajaran matematika. Solusinya adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif seperti Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan desain penelitian one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah sembilan kelas. Sampelnya yaitu 28 siswa kelas VIII.5 yang ditentukan dengan teknik purposive sampel. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest berupa essay. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Siswa tampak aktif dengan melakukan banyak aktivitas belajar.

The assumption that mathematics is difficult and the fear of students asking teachers is a problem in learning mathematics. The solution is to apply a cooperative learning model such as the Teams Games Tournament (TGT). This study aims to determine whether there is an effect of the Implementation of the Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model on the Learning Outcomes of Grade VIII Students of SMPN 5 Padang. This type of research is pre-experimental research, with a one-shot case study design. The study population was all eighth-grade students of SMPN 5 Padang who were enrolled in the 2019/2020 school year, totaling nine classes. The sample is 28 students of class VIII.5 determined by a purposive sample technique. The instrument used was a post-test question in the form of an essay. Thus, it can be concluded that there is an Effect of the Implementation of the Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model Against Student Learning Outcomes.

References

Afriansyah, E. A. (2014). What Students’ Thinking about Contextual Problems is. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education.

Afriansyah, E. A. (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. LEMMA, 2(2), 96-104.

Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107-118. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.417

Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 235-244.

Firdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 104-122.

Haq, C. N. (2012). Training by Doing. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-50.

Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471-482. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.470

Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.27

Lisnani. (2019). Pengaruh Penggunaan Konteks Daun terhadap Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 423-434. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.555

Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503-514. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.552

Melvin, S. (2006). Active Learning. Penerbit Nusa Media. Bandung.

Nurhaeni, K. & Basuki. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Antara Yang Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division Dengan Teams Games Tournament. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23-36.

Nst, M. N., & Rahmi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Teknik Berikan Uangnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 16 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 273-278. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.315

Rayahu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2014). Enhancing the Ability of Mathematics Student Problem Solving through Pembelajaran Pelangi Matematika. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED 2014.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 1-6.

Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93-105

Susilowati, D. (2014). Studi Komparasi Hasil Belajar Akutansi Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Metode Ceramah Bervariasi Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 01 Pati. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(3), 9-11.

Widhiastuti, R., & Fachrurrozie. (2014). Teams Games Tournament (TGT) sebagai Metode untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 9(1), 48-56.

Yasa & Madio, S. S. (2014). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Kelompok Siswa Yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Student Achievements Divisions (STAD). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 121-131.

Yuhasriati. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 81-87.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.589

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.