Students’ Errors in Solving Matrix Multiplication Problems Based on Kastolan Theory

Authors

  • Kartini Universitas Riau
  • Tuti Alawiyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.766

Keywords:

kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, kesalahan teknik, perkalian matriks, teori kastolan, conceptual errors, kastolan theory, matrix multiplication, procedural errors, technical errors

Abstract

Matriks merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah. Namun kebanyakan siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi matriks terutama pada perkalian matriks. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal perkalian matriks untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian matriks. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa kelas XI SMK Perpajakan Riau tahun ajaran 2021/2022. Analisis kesalahan siswa dilihat berdasarkan teori Kastolan yang terdiri dari kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian matriks menunjukkan bahwa sebanyak 47,9% siswa melakukan kesalahan konseptual, 16,4% melakukan kesalahan prosedural, dan sebanyak 35,6% siswa melakukan kesalahan teknik.

 

Matrix is ​​one of the materials taught in schools. However, most students still make mistakes in solving matrix material problems, especially in matrix multiplication. Therefore, it is necessary to analyze the errors made by students in working on matrix multiplication problems to increase the effectiveness of learning. The purpose of this study was to analyze the students’ errors in solving matrix multiplication problems. This descriptive qualitative study collected the data by utilizing test and interview techniques. The participants consisted of 28 students of class XI of the Riau Taxation Vocational School for the 2021/2022 academic year. Analysis of student errors was based on Kastolan's theory which encompassed conceptual errors, procedural errors, and technical errors.

References

Ainin, N., Hartono, W., & Aripin, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 137–147. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3122

Ana, E. N., & Nusantara, T. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Analysis of Student Difficulties in Solving Problems of Social Arithmetic. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 1–4.

Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345-356. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2194

Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, N., & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002

Hendriyanto, A., Fitriana, L., Ishartono, N., Mustofa, B., & Sahara, S. (2022, November). Identification of student errors based on the kastolan theory: A case study of “Kawung Batik pattern”. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2566, No. 1, p. 020006). AIP Publishing LLC.

Khairani, B. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505–514. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.981

Kumar, S. (2017). Use of mathematics by adults in daily life. International Journal Peer Reviewed Journal Refereed Journal Indexed Journal, 3(9), 345–347.

Lutfia, L., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal on Education, 1(3), 396–404. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Maryam, M. S., & Zanthy, L. S. (2019). Smk Pada Materi Matriks Dengan Penerapan. Journal on Education, 01(03), 155–165.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 1-13.

Mutmainah, D. S., & Sari, P. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Smk Bina Insan Bangsa. Journal of Education, 1(2), 430–439.

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil kesalahan konseptual dan Prosedural siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di kelas VII SMP 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 440-453.

Noviani, J. (2019). Analisis Kesalahan Tahapan Kastolan Dan Pemecahan Masalah Model Polya Pada Mata Kuliah Matematika Finansial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 27–39. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.891

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83-92. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1918

Pujilestari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. Jisip, 2(1), 226–232.

Sari, F. Y., Sukestiyarno, S., & Walid, W. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 357-368. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2172

Sari, P. D., Syafi’i, M., & Nurwiatin, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 388–396.

Sari, R. A., & Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v6i1.1288

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Wardhani, I. K., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Materi Matriks. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1299–1306. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1299-1306

Widodo, S. A. (2016). Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Pada Mahasiswa Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(1). https://doi.org/10.12928/admathedu.v4i1.4810

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Iqra’, I(2), 166–190.

Yesino, L., Ikromi, S. L., & Baharsyah, R. F. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Matriks Sesuai dengan Minat Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2, 418–424.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Kartini, & Alawiyah, T. (2023). Students’ Errors in Solving Matrix Multiplication Problems Based on Kastolan Theory . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 181–190. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.766

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.