Analysis of Students’ Errors in Solving Differential Problems Based on Castolan Theory
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.829Keywords:
Analisis kesalahan, deferensial, teori Castolan, Error analysis, castor theory, derivative functionsAbstract
Materi diferensial banyak digunakan sebagai prasyarat pada materi lain dan mata kuliah lain. Namun tidak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Oleh karena itu tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini adalah mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah diferensial berdasarkan teori Castolan. Teori Castolan meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan teknik. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa peserta mata kuliah matematika dasar. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara dengan instrumen pendukung berupa tiga soal tes masalah deferensial dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa berdasarkan teori Castolan sebagian besar mahasiswa melakukan kesalahan strategi dan kesalahan hitung dan sebagian kecil melakukan kesalahan konsep. Kesalahan konsep terjadi saat mahasiswa salah menentukan rumus. Kesalahan strategi terjadi saat mahasiswa salah menggunakan rumus, tidak mampu menyelesaikan sampai bentuk yang sederhana serta ada data yang hilang. Sedangkan kesalahan hitung sebagian besar karena salah menulis atau menghitung. Adapun penyebab terjadinya kesalan tersebut karena kurang memahami konsep, belum terbiasa menyelesaikan soal yang membutuhkan memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta kurang teliti Dengan mengetahui kesalahan serta penyebabnya dapat menumbuhkembangkan kreativitas dosen untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi mahasiswa.
Differential material is widely used as a prerequisite for other materials and other courses. But not a few students who find it difficult to learn it. Therefore, the purpose of this qualitative descriptive research is to describe students’ mistakes in solving differential problems based on the Castor theory. Castor’s theory includes conceptual errors, procedural errors, and technical errors. The research was conducted on students participating in basic mathematics courses. Data was collected by test and interview methods. The supporting instruments used were three differential problem tests and an interview guide. The student answers were then analyzed to see which represented the most errors. Test the validity of the data using technical triangulation. Data were analyzed with the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study found that most students made procedural and technical errors, and a few made conceptual errors. Conceptual errors occur when students incorrectly determine the formula. Strategy errors occur when students use the wrong formula, are unable to complete a simple form, and there is missing data. While the technical errors are mostly due to wrong writing or counting. The cause of this errors is because they do not understand the concept, are not used to solving problems that require high-level thinking skills and are not thorough.
References
Aini, S. D., & Irawati, S. (2022). Analysis of Student Errors in Solving Non Homogeneous Differential Equations Problems Based on Kastolan Stages. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 93–105.
Alfisyahra, Nasir, R., & Meinarni, W. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Jurnal FKIP Untad, 11(2), 188.
D, E. K., Nizaruddin, & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Analysis of Student Errors in Solving Spldv Questions Based on Castolan Stages Reviewed From Students’ Cognitive Style. International Journal of Research in Education, 1(2), 110–120. https://doi.org/10.26877/ijre.v1i2.8626
Evriyanti, I., Yuniawatika, & Madyono, S. (2020). Errors Analysis Resolving Problems Story Based on Watson’s Error Category a Student in the 4 th Class of Elementary School . 487(Ecpe), 115–121. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.022
Gustianingum, R. A., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika Menurut Soedjadi pada Materi Determinan dan Invers Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 235–244. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.977
Hajerina, H., Suciati, I., & H. Mailili, W. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Materi Turunan. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24–33. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1238
Khanifah, N., & Nusantara, T. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1–14.
Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan NEWMAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 891–902.
Laja, Y. P. W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1129
Lenterawati, B. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 11(6), 471–482.
Meiliasari, Wijayanti, D. A., & Azima, L. A. (2021). An Error Analysis of Students’ Difficulties in Differential Calculus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 48–60. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1433
Mutiarahman, W., Edriati, S., & Suryani, M. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 159-170.
Najwa, W. A., & Sari, R. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v6i1.1288
Noviani, J. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menurut Tahapan Kastolan dan Pemecahan Masalah Matematika Finansial Model Polya. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(1), 27–39.
Noviyanti, P. . (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus III. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 1(2), 155–164.
Nurlaili, N., & Rifanti, U. M. (2020). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Permasalahan Persamaan Diferensial Linier Orde Pertama: Studi Kasus Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITTP. Jurnal Gantang, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1742
Pujilestari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika SMA Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat dan Akar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 226–232.
Raufany, G., & Solfitri, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X Ipa 1 Sman 2 Pekanbaru Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Rasional Dan Irasional. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 19–22. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.36
Rusyda, N. A., Rifandi, R., Musdi, E., & Rusdinal, R. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kalkulus Pada Materi Turunan Berdasarkan Newmann`S Error Analysis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1514. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5093
Sa’aduddien Khair, M., -, S., & Muksar, M. (2018). Kesalahan Konsep dan Prosedur Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 3(5), 620–633.
Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 31-44.
Setyaningsih, N., & Kustiana, M. N. (2023). Analysis of Students' Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 351-362.
Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Sukmaningthias, N., Hasyanah, Y., Sari, N., & Nuraeni, Z. (2023). The Influence of RME-Based Teaching Media Assisted by Pixton Application on Students' Mathematics Problem Solving Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 363-374.
Sumargiyani, & Nafi, B. (2020). Analisis Kesulitas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial. Prisma, 3, 591–598.
Tangi, L., Janssen, M., Benedetti, M., & Noci, G. (2021). Digital government transformation: A structural equation modelling analysis of driving and impeding factors. International Journal of Information Management, 60, 102356.
Umam, M. D. (2014). Analisis Kesalahan Sisws Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. MATHEdunesa, 3(3), 131–134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.