Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma

Authors

  • Meta Silvia Gunawan Universitas Adiwangsa Jambi
  • Dian Fitra Universitas Adiwangsa Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.659

Keywords:

Kesulitan Siswa, Metode Kualitiatif, Eksponen, Logaritma, Students’ Difficulty, Exponential, Logarithmic, Qualitative Method

Abstract

Fakta terdapat kesulitan dalam mengerjakan soal-soal eksponen dan logaritma menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian yaitu melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal eksponen dan logaritma. Subyek penelitian adalah 33 siswa di SMK Baiturrahim Jambi yang mengerjakan 7 soal materi eksponen dan logaritma. Selanjutnya dipilih 6 siswa yang masing2 mendapat skor sedang dan rendah untuk diwawancarai terkait kesulitannya dalam menyelesaikan soal tersebut. Metode kualitatif menjadi metode yang digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data penelitian melalui Teknik observasi, tes soal, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan antara lain reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak terjadi pada tahap transformation, dan process skill. Wawancara kemudian dilakukan untuk menggali lebih dalam faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa. Ketiga faktor tersebut yakni faktor pengalaman, efektif, dan kognitif. Faktor kognitif menjadi faktor yang paling berpengaruh. Faktor kognitif sangat bergantung pada pemahaman siswa terhadap materi pada soal eksponen dan logaritma.

The fact that there are difficulties in working on exponential and logarithmic problems is the background of this research. The research objective was to find out how difficult it was for students to solve exponential and logarithmic test items. The subjects used were 33 students of SMK Baiturrahim Jambi for doing the test, then 6 students were selected to be interviewed regarding their difficulties in solving those items. The research approach used in this analysis was qualitative. Observation, assessments, and interviews were used to gather data for this study. Data reduction, data collection, and conclusion drawing were the data analysis methods used. The results of the students' tests showed that most mistakes occurred in the transformation stage and process skills. Moreover, an interview was also conducted to know deeper into the factors that influenced students’ difficulties. These three factors were experiential, affective, and cognitive factors. The cognitive factor was the most influential factor. The cognitive factor really depended on students' understanding of the material on the exponent and logarithmic test.

References

Abdurrahman, M. (2013). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustin, K., & Linguistika, Y. (2012). Identifikasi kesalahan siswa kelas X pada evaluasi materi sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. Yogyakarta.

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 18-30.

Asy’ari, H. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma, 4(2), 10-17.

Baskorowati, H., & Wijayanti, P. (2020). Studi Kasus: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Cerme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(3).

Davydov, V. V. (2020). The psychological characteristics of the formation of elementary mathematical operations in children. In Addition, and Subtraction (pp. 224-238). Routledge.

Fitra, D., Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2018). Soal Serupa PISA menggunakan Konteks Cabang Olahraga Lari. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 8-22.

Gunawan, M. S., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2017). Learning Fractions Through Swimming Context for Elementary School Students. Advances In Social Science, Education and Humanities Research 100.

Hayati, I. N., & Budiyono. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMA Negeri 1 Kedungwuni Materi Logaritma. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 115-124.

Ignacio, N. G., Nieto, L. J. B., & Barona, E. G. (2006). The Affective Domain in Mathematics Learning. International Electronic Journal Mathematics Education, 1(1), 94-111.

Khair, M. S., Subanji., & Muksar, M. (2018). Kesalahan Konsep dan Prosedur Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3(5), 620-633.

Koivuniemi, M., Järvenoja, H., & Järvelä, S. (2018). Teacher education students' strategic activities in challenging collaborative learning situations. Learning, culture and social interaction, 19, 109-123.

Lesmana, Y. Y., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Kegiatan Menulis Teks Puisi di Kelas IV Sekolah Dasar (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SD Negeri Mangkubumi dan SD Negeri 2 Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 121-132.

Miles, B., M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku. Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Mulyadi., Riyadi., & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Bangun DRuang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Soasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4), 370-382

Muntikoh, N. (2017). Strategi pembelajaran pencapaian konsep dalam pembelajaran matematika untuk meminimalisasi miskonsepsi matematika siswa (Bachelor's thesis).

Nanna, A. W. I., Pratiwi, E., & Anggraeni, C. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. SIGMA, 6(1), 66-77.

Pinahayu, E. A. R. (2015). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Eksponen dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Formatif, 5(3), 182-191.

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020) Analisis MIskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-350.

Septiahani, A., Melisari., & Zanthya, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311-322.

Singh, dkk. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Error on Written Mathematical Task: A Malaysian Perspective. Shah Alam: University Technology MARA.

Subini, N. (2011). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Jogjakarta: Javalitera.

Supita., Nuryani, L. Z., & Istiqomah. (2020). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Materi Logaritma Kelas X SMK. Union, 8(1), 41-51.

Suryadi, S. (2019). Pengembangan Lembaga Pendidikan sebagai Organisasi Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Pembelajaran. IMPROVEMENT: Jurnal Ilmiah untuk peningkatan mutu manajemen pendidikan, 6(02), 28-44.

Tok, S., & Keskin, A. (2012) The Effect of Fast Draw Learning Strategy on The Academic Achievement and Attitudes Towards Mathematics. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 1(20).

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010, 33(2).

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257–268. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.659

Issue

Section

Articles