Pola Asuh Orang Tua Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika Tingkat Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dhita Nabilah Hendrawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka
  • Benny Hendriana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.669

Keywords:

Covid-19, motivasi belajar, pola asuh, motivation to learn, parenting style

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anak. Terkait hal tersebut, bimbingan dan didikan dari orang tua akan mempengaruhi motivasi belajar anak, yang pada akhirnya menjadi salah satu penentu keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua pada siswa yang memiliki motivasi belajar matematika tinggi di kelas 8 SMP. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan instrumen penelitian berbentuk angket dan wawancara. Subyek penelitian yaitu 38 siswa kelas 8A dengan fokus 5 siswa pada salah satu SMP Negeri di Tambun Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 siswa yang mempunyai tingkat motivasi belajar matematika kategori tinggi, terdapat 3 orang tua yang menggunakan tipe pola asuh demokratis dan terdapat 2 orang tua yang menggunakan tipe pola asuh permisif. Kedua pola asuh tersebut dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar matematika yang tinggi pada siswa.

Parenting patterns are one of the factors that can affect children's learning motivation. Parenting. Related to this, the guidance and upbringing of parents will affect children's learning motivation. This study aims to determine how parenting styles are applied by parents to have high motivation to learn mathematics in grade 8 junior high school. This research used descriptive analysis method and the research instrument used questionnaires and interviews. The research subjects were 38 students of grade 8A with a focus of 5 students in one of the public junior high schools in Tambun Selatan. The results of the study from 5 students who had a high level of motivation to learn mathematics showed that 3 parents used the democratic parenting type and there were 2 parents who used the permissive parenting type. Both parenting patterns can be used to grow students' high motivation to learn mathematics.

References

Abidin, Z. (2020). Belajar Matematika di Era Covid-19. OSF Preprints, 1–2.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140.

Dagnew, A. (2018). The Relationship Among Parenting Styles, Academic Self-Concept, Academic Motivation and Students’ Academic Achievement in Fasilo Secondary School, Bahir Dar, Ethiopia. Research in Pedagogy, 8(2), 98–110.

Danar, V., F. (2006). Pengertian Motivasi Belajar. Universitas Negeri Yogyakarta

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249.

Febriany, R., & Yusri, Y. (2013). Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah. Konselor, 2(1), 8–15.

Girma, S., Alenko, A., & Agenagnew, L. (2020). Knowledge and precautionary behavioral practice toward covid-19 among health professionals working in public university hospitals in ethiopia: A web-based survey. Risk Management and Healthcare Policy, 13, 1327–1334.

Hedyanti, W., N., Sudarmiatin, S., & Utaya, S. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan. 1(5). 865-873.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Humas. (2020). Kebijakan ‘Social’ dan ‘Physical Distancing’ Harus Libatkan Tokoh Sampai RT/RW. Setkab.Go.Id.

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orangtua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Kurnianto, B., & Rahmawati, R. D. (2020). Hubunga Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 1(1).

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Take And Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2). 239-248.

Maliki, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMPN 7 Kubung. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 52.

Nakamnanu, Y. (2015). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Kresna Bina Insan.

Noervadila, I., & Meiliana, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 1 Situbondo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(1), 17.

Nuviantirin, E. W. E. G. (2018). Membentuk Generasi Emas yang Berkualitas. Pustaka Media Guru.

Pucangan, K. dkk. (2017). Hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kela V SD di desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.

Ristyawati, A. (2020). Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 240–249.

Riswanto (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(3). 293-304.

Widya Novia Hedyanti, Sudarmiatin, S. U. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar (Studi pada Siswa kelas IV, V,VI gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan, 1(1), 865–873.

Yenni, & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematsis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2). 251-262

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Hendrawan, D. N., & Hendriana, B. (2021). Pola Asuh Orang Tua Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika Tingkat Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 369–378. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.669

Issue

Section

Articles