Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz

Authors

  • Ratih Puspasari Universitas Bhinneka PGRI
  • Anis Rinawati Universitas Bhinneka PGRI
  • Anung Pujisaputra Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.670

Keywords:

aspek fundamental matematis, ecoprint, etnomatematika, fundamental aspects of mathematics, etnomathematics

Abstract

Butik El Hijaaz merupakan pengrajin kain ecoprint di Tulungagung yang mengembangkan teknik ecoprint menggunakan bahan alam sebagai pewarna kain dan pencetak motif yang ramah lingkungan. Penelitian dilakukan untuk mengungkap aspek matematika yang terkandung dari proses pembuatan kain ecoprint, seperti membilang, mengukur, mendesain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap aspek-aspek matematis dan aktivitas-aktivitas fundamental matematis yang terdapat dalam aktivitas ecoprint di butik El Hijaaz Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi yakni observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian yaitu karyawan butik dan pemilik Butik El Hijaaz. Lokasi penelitian yaitu di butik El Hijaaz Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) aktivitas fundamental yang ditemukan pada proses pembuatan kerajinan kain ecoprint di Galery El Hijaaz antara lain counting, measuring, design, locating, playing dan explaining. 2) Konsep matematis yang dapat diungkap adalah perbandingan, konversi waktu, konversi suhu, konsep membilang, himpunan, konsep pecahan, konsep pengukuran, refleksi, kesebangunan, kongruensi, program linier, aritmatika sosial.

Butik El Hijaaz is an ecoprint fabric craftsman in Tulungagung who develops ecoprint techniques using natural materials as fabric dyes and prints environmentally friendly motifs. The research was conducted to reveal the mathematical aspects contained in the process of making ecoprint fabrics, such as counting, measuring, designing. The purpose of this research is to reveal the mathematical aspects and mathematical fundamental activities contained in the ecoprint activity at El Hijaaz boutique Tulungagung. This study uses a qualitative approach with ethnographic methods namely observation, interviews, documentation. The research subjects are boutique employees and El Hijaaz Boutique owners. The research location is the El Hijaaz boutique, Tulungagung Regency. The results of the study show that: 1) the fundamental activities found in the process of making ecoprint fabrics at the El Hijaaz Gallery include counting, measuring, design, locating, playing and explaining. 2) Mathematical concepts that can be revealed are comparison, time conversion, temperature conversion, counting concept, set, fraction concept, measurement concept, reflection, similarity, congruence, linear program, social arithmetic.

References

Aini, F. (2021). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 50–59.

Albanese, V., & Perales, F. J. (2015). Enculturation with Ethnomathematical Microprojects: From Culture to Mathematics. Journal of Mathematics & Culture, 1(9), 1–9.

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24.

Astuti, O. D., & Subiyati. (2020). Pengaruh Variasi Konsentrasi Mordan dan Waktu Fiksasi pada Pencapan Kain Kapas dengan Zat Warna Alam Kayu Teger (Cudrania Javanensis). Jurnal Teknika Atw, 231(Maret), 69–76.

Bishop, A. J. (1991). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education (3rd ed.). Kluwer Academic Publishers.

Creswell, W. J. (2012). Educational Research Planing, Conducting and evaluating quantitative and Qualitative Research (Vol. 148).

D’Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(February), 44–47.

Fatimah, S. S., & Sirate. (2011). Studi Kualitatif Tentang Aktivitas Etnomatematika Dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan, 14(2), 123–136.

Gunawan, F. I. (2019). Kajian Etnomatematika Serta Analisis Fundamental Matematis Menurut Bishop pada Industri Kain Cual Bangka Belitung. Magister Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma.

Hana. (2021). ECO FASHION – Elmodista.

Hartoyo, A. (2011). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 29–41.

Husna, F. (2016). Eksplorasi Teknik Eco Dyeing dengan Tanaman sebagai Pewarna. E-Proceedin of Art & Design, 3(2), 280–293.

Kant, R. (2012). Textile Dyeing Industry an Environmental Hazard. Natural Science, 04(01), 22–26.

Krisnawati, Y. (2017). Kajian Etnomatematika Terhadap Tradisi Pernikahan Yogyakarta Oleh Masyarakat di Kecamatan Minggir, Sleman, DIY, Dalam Rangka Penentuan Aspek- Aspek Matematis yang dapat Digunakan Dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Magister Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma.

Kuntari. (2006). Optimalisasi Proses Desizing , Scouring , Bleaching Dan Caustisizing Secara Simultan, Sistem Pad- Batch pada Kain Rayon VISKOSA. Jurnal Indonesian Sains Materi Indonesia, Indonesian Journal of Materials Scince, (Oktober), 118–123.

Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.

Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76.

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematic, 4(2), 32–54.

Rumah Yapeka. (2019). Eco Fashion: Sebuah Perlawanan terhadap Fashion Konvensional. Yapeka or.Id.

Saraswati, R., Susilowati, D. M. H., Restuti, R. C., & Pamungkas, F. D. (2019a). Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata (Issue November). Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

Saraswati, R., Susilowati, M. H. D., Restuti, R. C., & Pamungkas, F. D. (2019b). Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata (F. D. Pamungkas, Ed.; November). Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

Wirawan, B., & Alvin, M. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 17, 1–5.

Wulan, R. (2017, March 8). Usung Busana Ecoprint, Novita Yunus Bawa Langit ke India.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379–390. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.670

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.