Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Penyampaian Materi Menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.700Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Lembar Kerja Mahasiswa, Penelitian Tindakan Kelas, Problem Solving Ability, Student Worksheet, Classroom Action ResearchAbstract
Kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (KPM) mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan lembar kerja mahasiswa (LKM). Jenis penelitian yang digunakan melalui pendekatan yakni penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Objek penelitian adalah mahasiswa Diploma tingkat 1 Institut Teknologi Del yang berjumlah 120 Mahasiswa TA. 2020/2021 pada mata kuliah Matematika Diskrit. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan dianalisis melalui peningkatan analisis gain serta dilakukan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian didapat bahwa ketuntasan belajar terjadi sebesar 66,80% dan peningkatan rata-rata KPM 19,47% dengan nilai gain 0,37 (sedang). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KPM mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan bantuan LKM dapat tercapai secara optimal. Hasil wawancara dan kuesioner mengatakan bahwa konten soal sangat baik dan memberikan pengaruh pemahaman materi yang cenderung lebih baik.
The ability of students to solve problems is still very lacking. The purpose of this study was to improve student problem solving skills (KPM) through problem-based learning with the help of student worksheets (LKM). The type of research used through the approach of classroom action research with 2 cycles. The object of the research is Diploma level 1 Del Institute of Technology students, totaling 120 TA students. 2020/2021 in the Discrete Mathematics course. Research data were collected through tests and analyzed through increased gain analysis and interviews and questionnaires were conducted. The results showed that the mastery of learning occurred by 66.80% and the average increase in KPM was 19.47% with a gain value of 0.37 (medium). This shows that there is an increase in student learning outcomes by using problem-based learning models and LKM assistance can be achieved optimally. The results of interviews and questionnaires said that the content of the questions was very good and influenced the understanding of the material which tended to be better.
References
Akma T., & Suparman. (2018). The Design of Student Worksheet Problem Based Learning to Improve Problem Solving Ability of the Eighth Grade Students Junior High School in Indonesia International. Journal of Engineering & Technology, 7(4).11-15.
Arikunto, S., (2012). Penelitian Tindakan Kelas, PT.Bmi Aksara, Jakarta.
Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39-52.
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 157-166.
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-16.
Fatmawati, B., Wazni, M. K., & Husnawati, N. (2021). The Study of Worksheets Based on Creative Problem Solving for Biology Subjects. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 701–706.
Gronlund, E & Linn, R. (2000). Measurement and Assesment in Teaching (8th Edition). USA: Prentice-Hall, INC.
Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435-444.
Hake, R. R., (2001). Suggestion for Administering and Reporting Pre/ Post Diagnostic Test.
Husnah, A., Hidayat, M., & Jannah, M. (2021). The Journey of a Math: As a Mathematics Learning Innovation. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 1(1), 129-136.
Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165-176.
Lestari, A. B., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kampung Cibogo pada Materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 92-102.
Lestari, R. R., Mulyono, D., & Minarni, A. (2018). An Effort to Improve Self-Regulated Learning of Secondary Middle School Students Through Autograph-Assisted Mathematics Realistic Approach, 6(10), 1338–1343.
Lusiana, L., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155-166.
Melawati, O., Evendi, E., Halim, A., Yusrizal, Y., & Elisa, E. (2022). The Influence of the Use of Student Worksheet Problem-Based to Increase Problem Solving Skills and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 346–355. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1205
Narohita, G. A. (2010). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP. JIPP: 1437-1449.
NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, INC.
Polya, G. (1973). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. In Princeton University Press (Second (2n). Princeton University Press.
Prabandari, I. A. D. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Mataram. Universitas Mataram.
Rizki, A., Khaldun, I., & Pada, A.U.T. (2021). Dedevelopment of Discovery Learning Student Worksheets to Improve Students' Critical Thinking Skills in Chemical Balance Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 707-711.
Rudibyani, R. B. (2020). The Effectiveness of Problem Solving-Based Student Worksheet to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(2), 279-291. doi: 10.23960/jpp.v10.i2.202012.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163-177.
Sugianto, R., Darmayanti, R., & Vidyastuti, A. N. (2022). Stage of Cognitive Mathematics Students Development Based on Piaget's Theory Reviewing from Personality Type. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17-26.
Sutarto, Indrawati, I., Prihatin, J., & Dwi, P. (2018). Geometrical Optics Process Image-Based Worksheets for Enhancing Students’ Higher-Order Thinking Skills. Indonesian. Journal of Science Education, 7(4), 376–382. http://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.14563
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana, Jakarta.
Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-214.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Calon Guru Mahasiswa Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya). Makalah Seminar Nasional Matematika.
Zulfah, Z., Fauzan, A., & Armiati, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Matematika Kelas VIII. Journal Pendidikan Matematika, 12(2), 33-46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.