Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Authors

  • Titania Mega Rizti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Erlina Prihatnani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.654

Keywords:

bangun ruang sisi datar, berpikir kritis, 3CM, FRISCO, quadlirateral, critical thinking

Abstract

Pembelajaran matematika diharapkan dapat mengasah kemampuan berpikir kritis, meskipun pembelajaran secara daring. Penelitian bertujuan menerapkan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada aspek berpikir kritis yaitu model 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) pada materi bangun ruang sisi datar dan menganalisis dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMPN di Salatiga, sampelnya 82 siswa dari SMPN 1 Salatiga dan SMPN 6 Salatiga yang dibagi menjadi kelompok eksperimen 1 dan 2. Desain penelitian eksperimen semu ini adalah randomized control grup pretest-postest design. Instrumen tes berbentuk 7 soal uraian, terdiri dari pretest dan posttest dengan rubrik penilaian berdasarkan aspek Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview. Uji hipotesis menunjukkan penerapan model pembelajaran 3CM dengan dua jenis kegiatan creative yang berbeda yaitu berbasis project dan berbasis problems posing menghasilkan kemampuan berpikir kritis yang sama. Penerapan 3CM dimungkinkan untuk menggunakan dua jenis kegiatan tersebut dalam melakukan aspek creative guna mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.

Mathematics learning is expected to hone thinking skills, although learning must be done boldly. This study aims to apply a learning model that emphasizes the critical thinking aspect, namely the 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningful) model on the flat-sided building material and analyze its impact on students' critical thinking skills. The study population was all students of SMPN in Salatiga, the sample was 82 students from SMPN 1 Salatiga and SMPN 6 Salatiga who were divided into experimental 1 and 2 groups. This quasi-experimental research design was a randomized control group pretest-posttest design. The test instrument is in the form of a description of 7 questions consisting of a pretest and posttest with a rubric based on aspects Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview. Hypothesis testing that the application of the 3CM learning model with different types of Creative (based on project and problems posing) activites results in the same critical thinking skills.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131.

Afriansyah, E. A. (2021). Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Apiati, V., & Hermanto, R. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 49–60, 167-178.

Aryani, I., & Maulida. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Melalui Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 274–290.

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran bermakna berbasis daring di tengah pandemi covid-19. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88.

Boer, K. M., Pratiwi, M. R., & Muna, N. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 85–104.

Choy, S. C., & Cheah, P. K. (2009). Teacher Perceptions of Critical Thinking Among Students and its Influence on Higher Education. 20(2), 198–206.

Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Handaka, B. I., & Safitri, N. E. (2016). Pemanfaatan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Belajar. Seminar Nasional Optimalisasi Active Learning Dan Character Building Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)., 157–164.

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33.

Holmes, V. L., & Hwang, Y. (2016). Exploring the effects of project-based learning in secondary mathematics education. Journal of Educational Research, 109(5), 449–463.

Hudha, M. N., & Batlolona, J. R. (2017). How are the physics critical thinking skills of the students taught by using inquiry-discovery through empirical and theorethical overview?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 691-697.

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22.

Larsson, K. (2017). Understanding and teaching critical thinking — A new approach. 84(December 2016), 32–42.

Lestari, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Muhammadiyah Kupang. Jurnal Biosains dan Edukasi, 2(1), 10-15.

Mahardiningrum, A. S. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 75–84.

Mulyono, M., Ardiansyah, A. S., Fariz, R., & Khoirunnisa, K. (2020). Prespektif Gender terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Blended Learning berbantu Google Classrooms. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 270-282.

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektifitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697.

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–60.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101.

Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Journal Pendidikan Matematika, 11(1), 1.

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-46.

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Wijaya, T. T. (2020). The Effect of VBA for Microsoft Excel as Teaching Material to Improve Prospective Elementary School Teachers’ Mathematical Conceptual Understanding. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 251–268.

Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.

Sarimanah, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Prisma, 6(2), 101-107.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017 Dengan Tema "Strategi Pengembangan Pembelajaran Dan Penelitian Sains Untuk Mengasah Keterampilan Abad 21 (Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration/4C)”, 21(2000), 223–231.

Waluya, S. B., & Suyitno, H. (2018). Effectiveness of 3CM Learning Model with Blended Learning on Improving Creative Thinking Ability in Mathematical Problem Solving. 247(Iset), 577–582.

Wicaksono, B. D., & Prihatnani, E. (2019). Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71–82.

Widana, I. W., Parwata, I., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G. A. T., Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International journal of social sciences and humanities, 2(1), 24-32.

Wijaya, T. T., Ying, Z., & Suan, L. (2020). Gender and Self-Regulated Learning During COVID-19 Pandemic in Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(3), 725–732.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213–224. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.654

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.