Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.752Keywords:
Komunikasi matematis, Literasi numerasi, Penyelesaian soal matematika, Mathematical communication, Numerical literacy, Solving math problems.Abstract
Masih perlu ditingkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa, menunjukkan bahwa perlu adanya analisis yang baik dan tepat untuk merancang langkah perbaikan yang efektif. Analisi kemampuan komunikasi matematis dapat memberikan deskripsi yang jelas berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berciri literasi numerasi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pasrujambe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes tulis dan lembar pertanyaan tes lisan. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tahap akhir. Teknik analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh 4 kategori, antaralain: siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tulis sedang dan komunikasi matematis lisan tinggi, siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tulis sedang dan komunikasi matematis lisan sedang, siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tulis rendah dan komunikasi matematis lisan sedang, serta siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tulis rendah dan komunikasi matematis lisan rendah.
The necessity to improve students' mathematical communication skill indicates that a good and appropriate analysis is required to design effectively corrective measures. An analysis of mathematical communication skills could provide convinced descriptions related to students' mathematical communication abilities. Therefore, the purpose of this study was to describe students' mathematical communication abilities in solving numerical literacy questions. The participants of this study were six students of class VIII-B of SMP Negeri 1 Pasrujambe. The method used was a qualitative approach, specifically descriptive research. This study utilized written test sheets and oral test question sheets. This study was conducted through the stages of planning, executing, and finalizing stage. The data analysis technique was divided into three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study obtained 4 categories, including students with moderate written mathematical communication skills and high oral mathematical communication, students with moderate written mathematical communication skills and moderate oral mathematical communication skills, students with low written mathematical communication skills and moderate oral mathematical communication as well as students with low written mathematical communication skills and low oral mathematical communication skills.
References
Andini, S. F., & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 343–354. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.343-354
Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik. Journal On Education, 01(02), 390–398. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.2832
Berliana, D. P., & Sholihah, U. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 243-254. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1791
Cholily, Y. M., Kamil, T. R., & Kusgiarohmah, P. A. (2020). Secondary School Students’ Error Of Term Of Algebraic Forms Based On Mathematical Communication. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 252–258. https://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i.2687
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Hanisah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Desa Bojong. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 131-140. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1588
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036
Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255-264. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1825
Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(6), 1–7. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1095-1104
Kula, K., Muniasih, T. R., & Wulandari, T. C. (2019). Kemampuan Komunikasi Tertulis Peserta Didik Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–15.
Laksananti, P. M., Setiawan, T. B., & Setiawani, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sumbermalang. Jurnal Kadikma, 8(1), 88–96.
Linda, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-efficacy pada Materi Segiempat dan Segitiga di Desa Sirnajaya. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(1), 20-43.
Meiliyah, A., & Setianingsih, R. (2019). Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal of Mathematic Education UNESA, 8(2), 318–327.
Mutiarani, A., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan gender di desa sukamenak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1911
Nisa, U., & Setianingsih, R. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.26740/jppms.v3n2.p8-100
Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa antara tps dan stad. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33-40.
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.
Patriana, W. D., Wulandari, M. D., & Sutama. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(2), 116–131. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p216-224
Permata, C. P., Kartono, & Sunarmi. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Model Pembelajaran Tsts Dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 127–133. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7452
Rachmayani, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Kominikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–21.
Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 151–161. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 182–192. https://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003
Sandy, D. N., Cholily, Y.M., Zukhrufurrohmah, Z., Ummah, S.K. (2022) Pengembangan Flipbook Bermuatan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Tadris Matematiks, 5(2), 135-148.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Di Masa Pandemi COV-19. Ejurnal.Mercubuana, 253–261.
Soraya, Rosmaiyadi, & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Materi Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia , 28-34.
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 118–125.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Negan Raya. Genta Mulia , 178-187.
Tong, D. H., Uyen, B. P., & Quoc, N. V. A. (2021). Heliyon The improvement of 10 th students ’ mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon, 7(11), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08282
Vale, I., & Barbosa, A. (2017). The Importance of Seeing in Mathematics Communication. Journal of the European Teacher Education Network, 12(1), 46-63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.