Pemanfaatan Alat Peraga untuk Melatih Pemahaman Peserta Didik terhadap Operasi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1112Keywords:
Alat peraga aljabar, operasi hitung aljabar, pembelajaran matematika, Algebraic teaching aids, algebraic arithmetic operations, learning mathematicsAbstract
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik mengenai aljabar cukup rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manfaat alat peraga papan aljabar dalam menyelesaikan operasi hitung aljabar bagi siswa. Subyek penelitian terdiri dari lima peserta didik kelas VII salah satu SMP di DIY. Pengumpulan data melalui lembar observasi, lembar wawancara, lembar kerja peserta didik, dan tes akhir. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Diperoleh hasil bahwa alat peraga papan aljabar merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap operasi hitung aljabar. Alat peraga ini juga sebagian besar dijadikan sebagai alat kalkulasi untuk memudahkan peserta didik dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar.
The reality in the field shows that students' understanding of algebra is quite low. The purpose of this research is to find out how the algebra board teaching aids are useful in completing algebraic arithmetic operations for students. The research subjects consisted of five class VII students from a junior high school in DIY. Data collection through observation sheets, interview sheets, student worksheets, and final tests. This research is qualitative research using the descriptive analysis method. The result is that the algebra board teaching aid is a tool that can be used to increase students' understanding of algebraic arithmetic operations. Most of these teaching aids are also used as calculation tools to make it easier for students to solve algebraic arithmetic operations.
References
Abrar, A. I. P. (2018). Kesulitan Siswa SMP Belajar Konsep dan Prinsip dalam Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 59–68.
Afifaturrohmaniyyah, N., & Malasari, P. N. (2021). Problematika Guru dalam Mengajar Materi Aljabar di Era Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 43-52.
At Taufiq, D. A. T., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 303–314.
Azizah, J., & Sarumaha, Y. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Membantu Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Persamaan Linier Satu Variabel. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, Statistika, 3(2), 397–405.
Benson, I., Marriott, N., & Mccandliss, B. (2021). Engaging Algebra Early through Manipulatives: reappraising Cuisinaire-Gattegno Rods. Engaging Algebra Early, 1–30.
Bruins, B. E. (2014). Encompass The Effectiveness Of Manipulatives In A High School Algebra II Class.
Dougherty, S. M., Goodman, J. S., Hill, D. V., Litke, E. G., & Page, L. C. (2015). Middle School Math Acceleration and Equitable Access to Eighth-Grade Algebra: Evidence From the Wake County Public School System. Educational Evaluation and Policy Analysis, 37(1), 80–101.
Freudenthal, H., & Reidel, D. (1983). Didactical Phenomenology of Mathematical Structures.
Hany, B. A., & Setyaningsih, N. (2021). The Influence of Learning Media, Learning Motivation and Mathematics Communication on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(2), 50.
Herliana, T., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Alat Peraga Edukatif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3028–3037.
Isnaniah., & Imamuddin, M. (2020). Students’ Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1), 1–7.
Kaput, J. J., & Blanton, M. (2005). Characterizing a classroom practice that promotes algebraic reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, 36(5), 412.
Larbi, E., & Mavis, O. (2016). The Use of Manipulatives in Mathematics Instruction | LD OnLine. Journal of Education and Practice, 7(36), 53–61.
LoVerde, J. A., Kerber, C., Kisch, T., Miller, B., Jenkins, S., & Shropshire, M. (2021). Comparison of lecture and manipulative teaching methods on learning and application to practice. Nursing Forum, 56(3), 520–528.
Maulida, N., Mulyanti, Y., & Lukman, H. (2022). Pengembangan Alat Peraga Papan Aljabar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal PEKA, 5(2), 70–78.
Nurlitaningsih, R., & Sarumaha, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Presentasi terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Sosial Sains, 2(1), 135–148.
Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra Pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–22.
Puspitasari, Y., Noervadila, I., & Fatimah, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel di SMPN 2 Panji Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 1-11.
Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Pertidaksamaan Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187–200.
Rege, M., Hanselman, P., Solli, I. F., Dweck, C. S., Ludvigsen, S., Bettinger, E., ... & Yeager, D. S. (2021). How can we inspire nations of learners? An investigation of growth mindset and challenge-seeking in two countries. American Psychologist, 76(5), 755.
Reinschlassel, A., Alexandrovsky, D., Doering, T., Kraft, A., Braukmuller, M., Janen, T., Reid, D., Vallejo, E., Bikner-Ahsbahs, A., & Malaka, R. (2018). Multimodal algebra learning: from math manipulatives to tangible user interfaces. I-Com, 17(3), 201–209.
Sarumaha, Y. A. (2016). Perubahan Pembelajaran yang Berpusat pada Guru ke Berpusat pada Siswa. Intersections, 1(1), 1–10.
Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 92-100.
Udeh, I. J., Edeoga, B. O., & Okpube, N. M. (2019). Effects of algebraic board game on secondary school student’s interest and achievement in algebraic expressions. Academic Journal of Statistic and mathematics, 5(7), 9-19.
Ulyani, O., & Qohar, A. (2021). Development of manipulative media to improve students’ motivation and learning outcomes on the trigonometry topic. AIP Conference Proceedings, 2330(March).
Widjathi, S. S. (2021). Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Nw Mataram materi pokok himpunan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 30–48.
Zaneta, V. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177–186.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.