Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mendorong Kedisiplinan Siswa

Authors

  • Liony Missyella Kartini Setia Budi Chandra Universitas Pelita Harapan
  • Tanti Listiani Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1218

Keywords:

Kedisiplinan siswa, Kooperatif, jigsaw, Cooperative, Jigsaw, Student discipline

Abstract

Aspek afektif sering kali terlewatkan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah kedisiplinan. Kedisiplinan berdampak signifikan pada pertumbuhan siswa dan pencapaian tujuan pembelajaran. Diperlukan peran guru sebagai fasilitator dan penuntun melalui pemilihan model pembelajaran yang dapat mendorong kedisiplinan siswa. Model pembelajaran yang dinilai tepat dalam mendorong kedisiplinan adalah jigsaw. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memaparkan bagaimana model jigsaw dalam mendorong kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 23 siswa kelas 2 SMA pada salah satu sekolah di Karawaci. Masalah kedisiplinan yang diteliti berupa keterlambatan pengumpulan tugas, tidak memberikan perhatian, dan sebagainya yang bertentangan dengan indikator kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan skor kedisiplinan sebesar  dari masa observasi ke penerapan kedua sehingga disimpulkan bahwa jigsaw dapat mendorong kedisiplinan siswa melalui berbagai langkah penerapan yang mampu mendorong setiap indikator kedisiplinan.

Affective aspects are often overlooked in the learning process, one of which is discipline. Discipline has a significant impact on student growth and achievement of learning goals. The role of teacher is needed as a facilitator and guide through the selection of learning models that can encourage student discipline. The learning model that is considered appropriate for encouraging discipline is the jigsaw. This study aims to find out and explain how the jigsaw model encourages student discipline. The method used in this research is the descriptive qualitative research method. The subjects of this study were 23 grade 2 high school students at a school in Karawaci. The discipline problems studied were delays in submitting assignments, not paying attention, and so on which conflicted with disciplinary indicators. The results of the study showed that there was a development of a 25% discipline score from the observation period to the second application so it was concluded that the jigsaw could encourage student discipline through various implementation steps that were able to encourage each discipline indicator.

References

Afriansyah, E. A., & Turmudi, T. (2022). Prospective teachers’ thinking through realistic mathematics education based emergent modeling in fractions. Jurnal Elemen, 8(2), 605-618.

Agustina, E., Nugroho, A. C., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 66–71.

Aisyah, S. (2021). Model Jigsaw Berbantu Kartu Soal Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi. Janacitta: Journal of Primary and Children’s Education, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i1.916

Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menemukan Kalimat Utama pada Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.2937

Andriyani, F. D. (2017). Kontribusi Penggunaan Jurnal Belajar Pada Pembelajaran Matakuliah Permainan Bolabasket. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 140–147.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Aspari, A. A., & Anggraini, A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Konvesional dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 55–64. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.4049

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jendela Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Christiani, Y., & Martha, K. (2021). Peran Guru Kristen Menghadirkan Shalom Community Melalui Prinsip Kedisiplinan. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3.

Febriani, S. W. (2021). Penerapan Aliran Filsafat Progresivisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 27(2), 35–38.

Hamli, F. U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kedisiplinan pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Skripsi Thesis.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan E-learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Haryudin, A., & Argawati, N. O. (2018). Lesson Study to Improve Student English Grammar Mastery Using Jigsaw Technique to the Third Semester Students of Ikip Siliwangi. Indonesian EFL Journal, 4(1), 49. https://doi.org/10.25134/ieflj.v4i1.798

Hayyuningartri, N. C., & Hidayati, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Kompetensi Dasar Menerapkan Tusuk Dasar Hiasan Dalam Suatu Produk Di Smk Negeri 1 Jabon. Journal of Chemical Information and Modeling, 9(1), 46–50.

Juliarti, E. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 02 Sitiung. International Journal of Technology Vocational Education and Training, 3(1), 12–22.

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62.

Mahardika, D. A., Gumilar, A. C., & Retnaningrum, E. (2022). Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 483-494.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Mulana, I. M. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jisaw untuk Meningkatkan Disiplin dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 SINGARAJA pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan FKIP UNIPAS, 9(1), 54–70. https://doi.org/10.37637/dw.v9i1.1008

Putra, A. W., Suyahman, S., & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 1(1), 106–127.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 122.

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110.

Septiani, V., Paidi, Syamsurizal, & Darussyamsu, R. (2020). Jigsaw as A Community Learning Strategy: Improving Students’ Social Attitudes. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(3), 397–404.

Sudrajat, D. (2016). Portofolio: Sebuah Model Penilaian dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Didi Sudrajat FKIP Universitas Kutai Kartanegara. Jurnal Intelegensia, 1(2), 1–9.

Suhendri. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Belajar Siswa di Sekolah dan Upaya Pemecahannya. Jurnal Universitas PGRI Semarang, 3(2), 98–105.

Supriyono. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas Viii Semester 2 Smp Negeri I Kepil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 3(2), 21–27.

Syamsurrijal, A. (2018). Menilik Pendidikan Karakter di Berbagai Negara (Studi Multi Situs Di Indonesia, Singapura dan Jepang). HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 206–214.

Wahyuni, S. (2016). Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract) di TK ABA Pakis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(5), 270–278.

YaoTung, K. (2013). Filsafat Pendidikan Kristen. Penerbit ANDI.

Yudianto, & Fauziati, E. (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme. Sosial Dan Teknologi, 1(8), 840–847.

Zuhlia, M., Satrijono, H., & Mutiah, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kleas V SD Negeri 5 Gambirono Melalui Metode Diskusi Model Jigsaw Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Thesis.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Chandra, L. M. K. S. B., & Listiani, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mendorong Kedisiplinan Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1218

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.