Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra

Authors

  • Tika Septia IAI Al Qolam
  • Rahma Wahyu Universitas Islam Raden Rahmat

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1222

Keywords:

Geometri, Geogebra, Literasi digital, Digital literacy, Geometry

Abstract

Rendahnya literasi digital dalam pendidikan perlu diperhatikan dengan serius. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan literasi digital mahasiswa dalam pembelajaran Geometri menggunakan aplikasi geogebra. Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan terhadap 3 orang mahasiswa MTs kelas VIII yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Data tingkat kemampuan literasi digital mahasiswa menggunakan geogebra dikelompokkan menjadi empat indikator, yaitu kemampuan mengoperasikan, berpikir, bekerja sama, dan emosional. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa indikator kemampuan mengoperasikan memperoleh 90% dengan kriteria sangat tinggi. Kemampuan bekerja sama 80% dengan kriteria tinggi. Kemampuan emosional 77% dengan kriteria tinggi, dan kemampuan berpikir 70% dengan kriteria sedang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi agar bisa menggunakan geogebra dalam pembelajaran agar literasi digital peserta didik meningkat.

The low digital literacy in education needs serious attention. This study aims to analyze students' digital literacy abilities in learning Geometry using the GeoGebra application. The instruments used were questionnaires and interview guidelines. Interviews conduct with three MTs students in VIII grade who had high, medium, and low abilities. Data analysis techniques using qualitative descriptive data analysis techniques. Data regarding the level of students' digital literacy skills using GeoGebra grouped into four indicators, namely operational ability, thinking ability, cooperative ability, and emotional ability. From the results of the analysis that has been carried out, it is find that the operational ability indicator obtains 90% with very high criteria. Ability to cooperate 80% with high criteria. Emotional ability is 77% with high criteria and 70% with thinking ability with moderate criteria. The results of this study expect to contribute to using GeoGebra in learning so that students' digital literacy increases.

References

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Alabdulaziz, M. S., Aldossary, S. M., Alyahya, S. A., & Althubiti, H. M. (2021). The effectiveness of the GeoGebra Programme in the development of academic achievement and survival of the learning impact of the mathematics among secondary stage students. Education and Information Technologies, 26(3), 2685–2713. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10371-5.

Dinata, B., K. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Eksponen, 11(1), 20–27.

Dahal, N., Shrestha, D., & Pant, B. P. (2019). Integration of Geogebra in Teaching and Learning Geometric Transformation. Journal of Mathematics and Statistical Science, 5(2), 323–332.

Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39-52.

Dewi, C. A., Pendidikan, U., Mataram, M., & Irwanto, I. (2022). Using Android-Based E-Module to Improve Students’Digital Literacy on Chemical Bonding Using Android-Based E-Module to Improve Students’Digital Literacy on Chemical Bonding Digital literacy is the ability to find and share information using digital too. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), November. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.34151.

Dinata, B. K. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499.

Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin, W. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Kue Lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247-256.

Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.

Hasanah, S., N., Cholily, Y., M., Effendi, M., M., Putri, R., U., O. (2021). Literasi Digital SIswa dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (SGF). Jurnal Aksioma, 10(3), 1736–1744.

Hidayat, F., & Lestari, P. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berbantuan Aplikasi Wingeom pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 509-520.

Jamil, A., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2022). Media Google Classroom Berbantuan Animasi PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 339-348.

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449-460.

Majerek, D. (2014). Application of Geogebra for Teaching Mathematics. Advances in Science and Technology Research Journal, 8(24), 51–54. https://doi.org/10.12913/22998624/567.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 1-13.

Mustafa, S., Sulvianti, S., & Saputra, A. (2018). Increasing Learning Result of Pythagoras Material through Geogebra Application Media of VIII4 Grade Students at SMP Negeri 12 Parepare. Mathematics Education Journal, 2(1), 48. https://doi.org/10.22219/mej.v2i1.5795.

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161-172.

Pamungkas, M. D., Rahmawati, F., & Dinara, H. A. (2020). Integrating GeoGebra into Space Geometry in College. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 397(Icliqe 2019), 999–1006. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.123.

Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. Procedia Computer Science, 72, 94–101. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.109.

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Reddy, P., Sharma, B., & Chaudhary, K. (2020). Digital literacy: A review of literature. International Journal of Technoethics, 11(2), 65–94. https://doi.org/10.4018/IJT.20200701.oa1.

Sari, W. K., & Nada, E. I. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Kimia Dalam Pelaksanaan Ppl Berbasis Virtual di Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 111–121. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i2.6704.

Techataweewan, W., & Prasertsin, U. (2018). Development of digital literacy indicators for Thai undergraduate students using mixed method research. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(2), 215–221. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.07.001.

Wahyuni, Y., Fauzan, A., & Musdi, E. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3358–3371.

Widianti, H. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Peserta Didik di SMAN 1 Kertosono Kab. Nganjuk). Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 20(1), 101–114.

Widjajanti, D. B. (2023). Singaporean and Japanese Maths Textbooks: Character, Structure, and Content. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 155-168.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1222

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.