Kemampuan Penalaran Proporsional menurut Langrall dan Swafford pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1228Keywords:
Penalaran proporsional, Pecahan, Langrall dan Swafford, Proportional reasoning, Fractions, Langrall and SwaffordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui level kemampuan penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan soal pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII- Hasan di MTs Al-Ittihadiyah Medan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu tahapan reduksi, penyajian data, dan uji validitas data (triangulasi). Hasil analisis data menunjukkan siswa yang memiliki penalaran di level 0 belum mampu menggunakan penalaran proporsional, level 1 siswa hanya dapat menggunakan gambar atau membuat model yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan, level 2 siswa dapat menarik kesimpulan dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, dan level 3 siswa sudah mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan indikator yang tepat.
The purpose of this study was to determine the level of students' proportional reasoning ability in solving fraction problems. The research method used is descriptive qualitative. The subjects in this study were 30 students of class VII-Hasan at MTs Al-Ittihadiyah Medan. Data collection techniques are written tests and interviews. The data analysis technique is the reduction stage, data presentation, and data validity test (triangulation). The results of data analysis show that students who have reasoning at level 0 have not been able to use proportional reasoning, level 1 students can only use pictures or create models that are appropriate to the problems given, level 2 students can draw conclusions and provide reasons for the correctness of the solution, and level 3 students can solve math problems using appropriate indicators.
References
Alfiansyah, M. (2015). Tujuan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidik. [Education].
Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412.
Inayah, N. (2016). Pengaruh kemampuan penalaran matematis dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi pada materi statistika siswa SMA. Jurnal EST, 2(5), 74–80
Irawati, T. N. (2016). Pengembangan Paket Tes Kemampuan Penalaran Proposional Siswa SMP. Repository Universitas Jember.
Khoirudin, & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning dan learning trajectory yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 207-218.
Langrall, C. W., & Swafford, J. (2000). Three balloons for two dollars: Developing proportional reasoning. Mathematics teaching in the middle school, 6(4), 254.
Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.
Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45-64.
Nadz, T. F., & Haq, C. N. (2013). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Memperoleh Pembelajaran melalui Metode Problem Based Instruction (Pbi) dengan Metode Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 191- 202.
Octaviyunas, A., & Ekayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 341-352.
Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Pertidaksamaan Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187-200.
Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, A. N. (2020). Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 13-22.
Walle, Van De. (2013). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally, eight Edition.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.