Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman

Authors

  • Ramadoni Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Nurul Shakinah Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1231

Keywords:

Analisis Kesalahan Siswa, SPLTV, Soal Tes Uraian, Metode Newman, Kualitatif, Siswa SMA, Student Error Analysis, Essay Test, Newman Method, Qualitative, High School Students

Abstract

Selama proses belajar mengajar matematika, siswa juga menghadapi banyak kendala terkadang siswa tahu cara menjawab pertanyaan yang diajukan, namun melakukan kesalahan dalam perhitungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan Metode Newman. Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian diambil secara purposive sampling yang terdiri dari 10 orang siswa SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan Reading Error sebanyak 13,40%, Comprehention error sebanyak 21,65%, Transformation error sebanyak 19,59%, Process skill error sebanyak 19,59%, Endcoding error sebanyak 25,77%. Hal ini terjadi karena siswa kurang teliti, tidak mampu membaca soal, tidak memahami masalah, dan tidak mampu melakukan prosedur yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal.

During the process of teaching and learning mathematics, students also face many obstacles. Sometimes students know how to answer the questions asked, but make mistakes in the calculations. The purpose of this study was to find out students' mistakes in solving SPLTV story problems based on the Newman Method. This research uses descriptive with a qualitative approach. Subjects in the study were taken by purposive sampling consisting of 10 high school students. Data collection techniques using essay test questions. The results showed that students made reading errors of 13.40%, completion errors of 21.65%, transformation errors of 19.59%, process skill errors of 19.59%, endcoding errors of 25.77%. This happens because students are less thorough, unable to read the questions, do not understand the problem, and are unable to carry out the procedures that will be used to solve the problem.

References

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR dan Probing Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 305-314

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71-78.

Disparrilla, Y. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa pada materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 148-161.

Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Mathedunesa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-64.

Gustianingrum, R. A., Bina Widya, K. K., & Baru, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika Menurut Soedjadi pada Materi Determinan dan Invers Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2).

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35.

Hidayanto, T., Subanji, S., & Hidayanto, E. (2017). Deskripsi Kesalahan Struktur Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Serta Defragmentingnya: Suatu Studi Kasus. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 72-81.

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76.

Khatimah, K., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2017). Pemberian Scaffolding Untuk Mengatasi Hambatan Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 36-45.

Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72.

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125-138.

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Eksploratif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–11.

Ma'rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 43-56.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,1(2).

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 79-92.

Sari, F. Y., Sukestiyarno, S., & Walid, W. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 357-368.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences ,8, 264-271.

Sofiani, J., Nurjamil, D., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan penalaran analogi ditinjau dari self-concept. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 17-30.

Sulistiyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 124-129.

Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems Using Newman’s Procedure Based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Trapsilo, B. E. T. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Materi Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Banyubiru. Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana.

Wardhani, N., & Firmansyah, D. (2019). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menurut Prosedur Newman. Prosiding SESIOMADIKA, 2(4), 962–970.

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439-448.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Ramadoni, & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147–158. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1231

Issue

Section

Articles