Jari Trigonometri: Alternatif Alat Peraga Pembelajaran Matematika

Authors

  • Yenny Anggreini Sarumaha Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Dian Khairiani Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Nur Dina Meylaila Khasanah Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Nurma Sari Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1496

Keywords:

Alat peraga matematika, Jari trigonometri, Pembelajaran matematika, Sudut istimewa, Mathematics manipulative, Trigonometric fingers, Learning mathematics, Special angels

Abstract

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika bukanlah hal baru. Di tengah-tengah digitalisai yang berkembang, penelitian ini hadir memberikan pandangan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam pengalaman siswa dalam menggunakan alat peraga pada materi sudut istimewa trigonometri. Penelitian ini fokus pada 4 orang siswa kelas X SMA di Yogyakarta, yang terdiri dari 4 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan triangulasi data untuk mendeskripsikan hasil temuan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Jari Trigonometri dalam memperlajari sudut-sudut istimewa memberikan pengalaman dan persepsi positif bagi siswa dalam memahami dan mengingat sudut istimewa. Selain itu, motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran juga meningkat.  Meskipun mengalami tantangan dalam memahami penggunaan alat peraga, siswa menyatakan memperoleh manfaat yang signifikan dalam menggunakan Jari Trigonometri.

The use of manipulation in learning mathematics is not a new thing. In the development of digitalization, this present study stands to open again perspective using hand on manipulative in teaching and learning mathematics. The purpose of this study was to understand deeply students’ experiences in utilizing manipulatives to learn special angles in trigonometry. This study focused on a small group of grade X senior high school in Yogyakarta, which consisted of 4 students. The method in this study was a qualitative method using data triangulation to describe the findings. The results show that using Jari Trigonometri in learning special angles gave positive experiences and perceptions for students to understand and remember special angles. Moreover, students’ motivation and participation in learning improved better. Albeit having obstacles in comprehending the use of Jari Trigonometri, students affirmed gaining benefits in utilizing this hands-on manipulative.

References

Alawiyah, T. (2022). Penerapan Alat Peraga Tangan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2), 57–63. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.149

Angelina, C., Siregar, J., Alfiyyah, S., Kusnadi, A., Jannah, M., & Wardani, S. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar untuk Materi Trigonometri. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 81–94.

Byrne, E. M., Jensen, H., Thomsen, B. S., & Ramchandani, P. G. (2023). Educational Interventions Involving Physical Manipulatives for Improving Children’s Learning and Development: A scoping review. Review of Education, 11(2), 1–42. https://doi.org/10.1002/rev3.3400

Cockett, A., Kilgour, P. W., Cockett, A., & Kilgour, P. (2015). Mathematical Manipulatives: Creating an Environment for Understanding, Efficiency, Engagement, and Enjoyment. Teach Collection of Christian Education, 1(1), 47–54.

Deswita, H. (2020). Respons Siswa terhadap Alat Peraga Laga Sumatri (Ular Tangga Sudut Istimewa-Trigonometri). PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(April), 28–40.

Dewi, N. P., & Ananda, F. F. (2023). Pengembangan Alat Peraga “TRIGOPOLI”: Trigonometri Putar Roda dan Talo. POLINOMIAL: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 46–54.

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.

Giardino, V. (2018). Manipulative Imagination: How to Move Things Around in Mathematics *. Theoria, 33(2), 345–360. https://doi.org/10.1387/theoria.17871

Gradini, E., Yustinaningrum, B., & Safitri, D. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Indikator Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 49-60.

Hadziqoh, N., Fatwasauri, I., & Dewi, P. (2022). Penerapan Alat Peraga Trigonometri Sudut Istimewa bagi Siswa pada SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. Abdimas Universal, 4(1), 40–44.

Iswanto, A., & Faradillah, A. (2023). Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Trigonometry Materials Viewed from Students' Mathematical Resilience. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 477-492.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri Dilihat dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan Alat Peraga Roda Pintar sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/10353

Kepala Badan Standar, Kurikulum, & A. P. (2024). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Laja, Y. P. W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37-48.

Larbi, E., & Mavis, O. (2016). The Use of Manipulatives in Mathematics Education. Journal of Education and Practice, 7(36), 53–61.

Lestari, F., Sriyanti, A., & Sulasteri, S. (2024). Pengembangan Alat Peraga Papan Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Materi Trigonometri Kelas X SMA. Jurnal Silogisme, 9(1), 51–62.

Lestari, S. T., Safirah, A., Alfadillah, W., & Sari, I. K. (2023). Pengembangan Alat Peraga Kincir Trigonometri untuk Pembelajaran Matematika Tingkat SMA. HIMPUNAN: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(80), 263–274.

Marpaung, T. M. A., Mahesa, N., Piran, A. R., Gorang, M., & Hartati, I. L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Hannafin & Peck Dalam Materi Trigonometri Sudut Istimewa Melalui Alat Peraga Trisuis Kelas X Di SMK Yadika 8 Jatimuliya. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 179–187.

Niranjan, C., & Brijlall, D. (2024). The Use of Manipulatives in Experimental Learning in Solving Three-Dimensional Tasks in Trigonometry. Gulf Journal of Mathematics, 16(2), 183–195. https://doi.org/10.56947/gjom.v16i2.1879

Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221-234.

Oktaviyanthi, R., & Sholahudin, U. (2023). Phet Assisted Trigonometric Worksheet for Students’ Trigonometric Adaptive Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 229-242.

Pillado, I. A., Futalana, M. C. Z., & Comighud, S. M. T. (2020). Factors on Memory Retention: Effect to Students’ Academic Performance. 2020 UBT International Conference, 194.

Ponte, R., Viseu, F., Neto, T. B., & Aires, A. P. (2023). Revisiting Manipulatives in The Learning of Geometric Figures. Frontiers in Education, 8(June), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1217680

Sari, M. Y., & Prihatnani, E. (2021). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dari penerapan problem solving dan problem posing pada siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 471-482.

Sarumaha, Y. A., & Kurniasih, A. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga untuk Melatih Pemahaman Peserta Didik terhadap Operasi Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 369–380.

Setiawan, Y., & Prihatnani, E. (2020). Perbandingan TAI dan NHT terhadap Hasil Belajar Trigonometri Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 299-310.

Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education, 4(1), 92. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3143

Sulistyaningsih, D., Mawarsari, V. D., Hidayah, I., & Dwijanto. (2016). Manipulatives Implementation for Supporting Learning of Mathematics for Prospective Teachers. The 3rd International Conference on Mathematics, Science, and Education. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing students’ errors in solving trigonometric problems using newman’s procedure based on students’ cognitive style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144.

Tajuddin, A. T., Sujadi, I., Slamet, I., & Hendriyanto, A. (2023). Mathematical Critical Thinking: Analysis of Middle School Students' Thinking Processes in Solving Trigonometry Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 703-720.

Taufiq, I., & Agustito, D. (2021). Uji Kelayakan Modul Trigonometri Berbasis Ajaran Tamansiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 281-290.

Tjandra, C. (2023). Effectiveness of Using Manipulatives in Mathematics Teaching in Inclusive Education Programs in an Elementary School. DE_JOURNAL: Dharmas Education Journal, 4(1), 168–178.

Tristanti, L. B., Masruroh, F., Wahyuni, D., & Pahlevi, R. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Memorize Trigonometri Fingers. UN PENMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Untuk Negeri, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.29138/un-penmas.v2i2.2046

Usman, M. R. (2020). Pengembangan Alat Peraga Papan Al-Sintacs Materi Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Galesong Baru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 248–259.

Widyatama, A., & Pratama, F. W. (2022). Pengembangan Mobile Learning PINTHIR Berbasis Android sebagai Sumber Belajar dan Sarana Mengerjakan Soal Trigonometri SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25-36.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sarumaha, Y. A., Khairiani, D., Khasanah, N. D. M., & Sari, N. (2024). Jari Trigonometri: Alternatif Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1496

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.