Self-Confidence in Mathematics: Voices of Indonesian Junior High Students

Authors

  • Sani Sugih Al Muqopi Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Ekasatya Aldila Afriansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.3066

Keywords:

Kepercayaan diri, Matematika, Pembelajaran, Self-confidence, Siswa SMP, Junior high school students, Learning, Mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi self-confidence siswa SMP dalam pembelajaran matematika, sebagai faktor afektif yang memengaruhi partisipasi, motivasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Sebagian besar penelitian sebelumnya menggunakan pendekatan kuantitatif, sehingga belum banyak mengungkap bagaimana self-confidence tercermin dalam perilaku nyata di kelas. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 32 siswa kelas VIII di salah satu SMP negeri di Garut melalui angket skala sikap dan wawancara semi-terstruktur. Empat indikator yang dikaji yaitu keyakinan terhadap kemampuan diri, kemandirian, konsep diri positif, dan keberanian mengemukakan pendapat. Hasil menunjukkan bahwa self-confidence siswa tergolong kuat (71%), dengan skor tertinggi pada konsep diri positif (77%) dan terendah pada kemandirian (66%). Namun, wawancara menunjukkan bahwa siswa masih ragu dalam mengungkapkan pendapat dan mengambil keputusan. Penelitian ini merekomendasikan lingkungan kelas yang suportif agar siswa dapat mengekspresikan kepercayaan dirinya secara konsisten.

This study examines junior high school students’ self-confidence in mathematics learning, a key affective factor influencing their participation, motivation, and problem-solving abilities. Most previous studies have used quantitative methods, leaving a gap in understanding how self-confidence manifests in real classroom behaviour. Using a descriptive qualitative design, data were collected from 32 eighth-grade students at a public school in Garut, Indonesia, through attitude scale questionnaires and semi-structured interviews. Four indicators were examined: belief in one’s abilities, independence, positive self-concept, and courage to express opinions. Results showed students’ self-confidence was generally strong (71%), with the highest score in positive self-concept (77%) and the lowest in independence (66%). However, interviews revealed that students often hesitated to express their opinions and make decisions. These findings suggest a gap between self-perception and behaviour. The study recommends creating supportive classroom environments to help students consistently demonstrate their confidence.

References

Afriansyah, E. A., Nurjamilah, E., Sumartini, T. S., Hamdani, N. A., & Maulani, G. A. F. (2024, November). Students Mathematical Understanding of Social Arithmetic in Terms of Student Self-Efficacy. In 4th International Conference on Education and Technology (ICETECH 2023) (pp. 691-708). Atlantis Press.

Awalia, N. (2023). Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 277–288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1343

Blegur, J. (2020). Soft Skills untuk Prestasi Belajar: Disiplin Percaya diri Konsep diri akademik Penetapan tujuan Tanggung jawab Komitmen Kontrol diri. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=mDvPDwAAQBAJ

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1092

Disparrilla, Y. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa pada materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 148-161.

Efwan, N. S., Afriansyah, E. A., Luritawaty, I. P., Arwadi, F., & Yadav, D. K. (2024). The Level of students' mathematical creative thinking skills as measured by their self-confidence. International Journal of Didactic Mathematics in Distance Education, 1(2), 125-136.

Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.689

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 335. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9678

Gunawan, G., Ferdianto, F., Untarti, R., & Akhsani, L. (2024). Student Profile of Mathematical Communication Process of Prospective Mathematics Teachers Reviewed from Self-Confidence. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 1019-1034.

Hapsoh, & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139-148. https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1384

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama, 7, 2017.

Indrajaya, U., Sadiah, S., Sundayana, R., & Puspitasari, N. (2025). Scratch vs Excel: Enhancing Math Problem-Solving and Student Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 91-104. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2556

Isyana, B. V., Baidowi, Novitasari, D., & Sridana, N. (2024). Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 370–383. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7125

Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.25

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Maulandani, S., & Afriansyah, E. A. (2024). Mathematical Reasoning Skills Review of Student Self-Regulated Learning in Number Pattern. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 27-46.

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 239-246.

Monalisa, L. A., Kristiana, A. I., Wihardjo, E., Hussen, S., & Putri, F. A. (2024). The Correlation of Junior High School Students’ Self-Confidence and Mathematical Problem-Solving Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 1097-1108. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1692

Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa antara tps dan stad. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33-40.

Oktarisa, F., Rahmat, T., & Firmanti, P. (2024). Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Matematika. INNOVATIVE : Journal Of Social Science Research, 4, 5532–5543.

Pitria, N., & Kurnia, L. (2022). Pengaruh Self-Concept dan Self-Confidence Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 2(1), 6-15.

Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. PowerMathEdu : Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika:, 2(2), 215–228. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1423

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.901

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Abeta.

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193-200. https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1389

Wahyuni,R., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2024). How do math anxiety and self-confidence affect mathematical problem solving? TEM Journal, 13(1), 129-136. https://doi.org/10.18421/TEM131-58

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Muqopi, S. S. A., & Afriansyah, E. A. (2025). Self-Confidence in Mathematics: Voices of Indonesian Junior High Students. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 349–364. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.3066

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.