Vocational Students’ Mathematical Disposition: Post-Instruction Analysis of Vector Learning

Authors

  • Chyntia Chyntia Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Rostina Sundayana Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.3124

Keywords:

Disposisi Matematis, siswa SMK, vektor, mathematical disposition, vocational high school students, vectors

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disposisi matematis siswa SMK setelah pembelajaran matematika semester genap 2024/2025, khususnya pada materi vektor. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui triangulasi data dari observasi, angket skala Likert 57 siswa, dan wawancara mendalam terhadap enam siswa dari kategori disposisi tinggi, sedang, dan rendah. Fokus wawancara diarahkan pada lima indikator yang bernilai cukup, yakni pada indikator percaya diri; gigih dan tekun; minat dan rasa ingin tahu; memonitor dan merefleksi; serta bergairah dan serius dalam belajar. Hasil analisis menunjukan bahwa disposisi matematis siswa secara umum berada dalam kategori cukup, dengan variasi mencolok antarindividu. Studi ini melengkapi penelitian sebelumnya yang memberikan gambaran kontekstual dari siswa SMK yang kurang mendapat sorotan dalam kajian disposisi matematis. Peneliian ini juga menyoroti pentingnya intervensi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi, refleksi, dan keberanian berpikir, terutama dalam mengajarkan materi yang bersifat abstrak seperti vektor.

This research aims to analyze the mathematical disposition of vocational high school students after the second semester of mathematics instruction in the 2024/2025 academic year, specifically on the topic of vectors. The research was conducted using a descriptive qualitative approach through data triangulation from observations, a 57-student Likert scale questionnaire, and in-depth interviews with six students from high, medium, and low disposition categories. The interview focused on five indicators considered quite valuable: self-confidence, persistence and perseverance, interest and curiosity, monitoring and reflection, and being enthusiastic and serious about learning. The analysis results show that students' mathematical disposition is generally in the sufficient category, with significant variation between individuals. This study complements previous research by providing a contextual overview of vocational high school students, who have received less attention in studies on mathematical disposition. This research also highlights the importance of teacher intervention in creating a learning environment that supports exploration, reflection, and the courage to think, particularly when teaching abstract material such as vectors.

Author Biography

Chyntia Chyntia, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Mahasiswa

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Arslan, C., & Yavuz, M. (2020). Examining vocational high school students’ mathematical beliefs and self-efficacy: A Turkish case study. Journal of Educational Research and Practice, 10(2), 12–25.

Ariyanti, E., & Kartono. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis open-ended terhadap fleksibilitas berpikir siswa dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 44–51

Cai, J., Morris, A., Hohensee, C., Hwang, S., & Robison, V. (2021). Mathematical dispositions: Definitions, design, and significance. ZDM – Mathematics Education, 53(4), 691–704.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Depdiknas. (2008). Panduan penilaian untuk sekolah menengah. Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fadilah, R., & Mardiyana. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis ICT terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 101–110.

Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 69-82. https://doi.org/10.31980/pme.v1i1.1367

Fitriani, D. (2023). Self–Directed Learning dan Disposisi Berpikir Terbuka Aktif Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 511-520. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1513

Hannula, M. S., Maijala, H., & Pehkonen, E. (2019). Developing students’ mathematical beliefs: A longitudinal perspective from Finland. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(3), 445–462.

Hasanah, U., & Maryati, I. (2020). Analisis disposisi matematis siswa SMK ditinjau dari minat belajar dan kecemasan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), 5(1), 20–30.

Imam, S., & Sumarmo, U. (2019). Pengaruh pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa. Infinity Journal, 8(2), 179–192.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kurniawan, R., Handayani, T., & Fitriyani, D. (2021). Meningkatkan disposisi matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–10.

Mason, M., & Scrivani, A. (2019). Dispositional factors affecting math learning. Teaching Children Mathematics, 25(6), 356–362.

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1123

Mulyana, A., & Pratiwi, H. Y. (2022). Peran pembelajaran kontekstual dalam menumbuhkan disposisi dan keterampilan berpikir matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 21–32.

OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing.

Prasetyo, T., & Yulianti, K. (2023). Pengaruh kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 50–60.

Rahmawati, A., & Arifin, A. (2021). Pengaruh regulasi diri terhadap ketekunan belajar matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2).

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense making in mathematics. In L. D. English & D. Kirshner (Eds.), Handbook of International Research in Mathematics Education (3rd ed., pp. 239–255). Routledge.

Setyaningrum, W., & Nugroho, S. (2023). Mengembangkan fleksibilitas berpikir siswa melalui pendekatan soal terbuka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 44–55.

Siregar, A., & Asmin, R. (2021). Kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika: Tinjauan faktor penentu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 88–97.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surya, E., & Ningsih, T. A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di SMK: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 45–53.

Tan, C. S., & Kaur, B. (2021). Productive struggle and mathematical discourse: Enhancing dispositions in Singapore classrooms. Mathematics Education Research Journal, 33(4), 695–712.

Utami, D., Rahayu, A., & Hartati, S. (2020). Peran disposisi matematis terhadap pencapaian belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 6(2), 112–121.

Wahyuni, A., & Anggraini, L. (2021). Pembentukan identitas matematis siswa melalui pembelajaran reflektif. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 134–143.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Chyntia, C., Puspitasari, N., & Sundayana, R. (2025). Vocational Students’ Mathematical Disposition: Post-Instruction Analysis of Vector Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 327–348. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.3124

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.