Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP

Authors

  • Asdar Universitas Negeri Makassar
  • Fajar Arwadi Universitas Negeri Makassar
  • Rismayanti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.857

Keywords:

Pendekatan PMR, Hasil Belajar Matematika, Self confidence, Pendekatan konvensional, PMR Approach, Mathematics Learning Outcomes, Confidence, Conventional Approaches

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Takalar. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Kelas yang akan dipelajari adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa angket pretes dan kepercayaan diri untuk memperoleh data awal hasil belajar matematika siswa dan tes kepercayaan diri, kemudian instrumen berupa posttest, dan angket kepercayaan diri untuk memperolehnya. data akhir hasil belajar matematika siswa dan rasa percaya diri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25 yang terdiri dari analisis statistik deskriptif dan inferensial, analisis gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa.

This study aims to determine the effect of implementing a realistic mathematics education approach (PMR) on mathematics learning outcomes and self-confidence of grade VII students at SMP Negeri 4 Takalar. The type of research to be used is quantitative research with quasi-experimental methods. The classes to be studied are class VII B as the experimental class and class VII A as the control class. Data collection was carried out by providing instruments in the form of a pretest and self-confidence questionnaire to obtain initial data on students 'mathematics learning outcomes and self-confidence tests, then instruments in the form of posttest, and self-confidence questionnaires to obtain final data on students' mathematics learning outcomes and self-confidence. Data analysis was performed using the SPSS 25 program, which consists of descriptive and inferential statistical analysis, gain analysis, prerequisite tests, and hypothesis testing. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an effect of implementing a realistic mathematics education approach on mathematics learning outcomes and students' self-confidence.

References

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Mengukur Kepadatan Bilangan Desimal. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (Vol. 1).

Andayani, Meri, & Zubaidah Amir. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446.

Delina, A. M. (t.thn.). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).

Delviani, D. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Dewi, S. N. (2018). Hubungan antara Self Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Fariz, I. N. (2018). Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).

Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, 2(2).

Firdaus, F. M. (2018). Pengaruh Teknik Takalintar terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 445-454.

Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Prosiding ISBN, 978-979.

Imani, P. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntasi 5(2).

Indriawati, P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1).

Indriyanti, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa. Skripsi.

Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2019). Pendekatan Open-Ended dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 399-410.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematic Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pedidikan Matematika, 1(2).

Nisa, E. K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Self Confident dan Hasil Belajar Siswa. Proceedings of the ICECRS, 2(1).

Pratiwi, A. R. (2017). Pengaruh Model Flipped Classroom terhadap Self Confidence dan Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11).

Puspita, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek.

Rahma, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2).

Rahman, A. B. (2019). Efektifitas Media Roda Bangun Datar dengan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write. . Issues in Mathematics Education (IMED), 37.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Sisw Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Saefudin, A. (2012). Pengembangan Kemampan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah:Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1).

Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Sofyan, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Self-Confidence Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kalosi. Skripsi.

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3).

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Syahrina, I. A. (2017). Self Confidence Hubungannya dengan Academic Dishonesty Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas X. Psikovidya, 1-12.

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128.

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Wahyuni, R. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 85-92.

Warsito, W., Nuraini, Y., & Sukirwan, S. (2019). Desain Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistik di Kelas V. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25-36.

Widiyanti, Y. T. (2014). Peningkatan Percaya Diri dan Kemampuan Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS). Surakarta: Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widyastuti, S. N. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2).

Yuniawatika, Y., Yuspriyati, D. N., Sani, I., & Febriyanti, F. (2016). Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Lptk Bandung Raya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 233-246.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Asdar, Arwadi, F., & Rismayanti. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.857

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.