Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online

Authors

  • Dila Nurhayati Fadilah Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Ekasatya Aldila Afriansyah Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.943

Keywords:

Peran Orang Tua, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Berbasis Online, The Role of Parents, Student Learning Outcomes, Mathematics Learning Based Online

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi anak di sekolah selama belajar di rumah adalah mengenai pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dan pengaruh dari peran orang tua terhadap hasil belajar pada pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP/MTs, orang tua, siswa, dan guru matematika, untuk subjek penelitiannya sebanyak 5 orang siswa, 5 orang tua siswa, dan 1 guru matematika. Jika dilihat dari setiap perannya, orang tua S-1 tidak memenuhi 1 sub indikator maka skor peran orang tua sebagai guru didapat 80%, orang tua S-2 dan S-3 mendapat skor maksimal yaitu 100%, orang tua S-4 tidak memenuhi 2 sub indikator sehingga skornya 60%, orang tua S-5 mendapat skor terendah yaitu 20%, karena hanya memenuhi 1 sub indikator. Peran orang tua sebagai motivator orang tua S-1, S-3, dan S-4 mendapat skor maksimal karena sudah memenuhi seluruh sub indikator, orang tua S-2 dan S-5 mendapat skor yang sama yaitu 70%, karena kurang memenuhi sub indikator. Peran orang tua sebagai fasilitator dan pengarah/director, semua orang tua mendapat skor 100% karena seluruh indikator dipenuhi seluruh orang tua. Karena itu, peran orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar.

One of the problems faced by children at school while studying at home is about learning mathematics which is carried out online. The purpose of this study was to determine the role and influence of the role of parents on learning outcomes in online learning during the Covid-19 pandemic. The population in this study were SMP/MTs students, parents, students, and mathematics teachers. The research subjects were 5 students, 5 students' parents, and 1 mathematics teacher. When viewed from each role, S-1 parents do not meet 1 sub-indicator, the score for the role of parents as teachers is 80%, S-2 and S-3 parents get a maximum score of 100%, S-4 parents do not meet 2 sub-indicators so that the score is 60%, S-5 parents get the lowest score of 20% because they only meet 1 sub-indicator. The role of parents as motivators for S-1, S-3, and S-4 parents got the maximum score because they had fulfilled all the sub-indicators, S-2 and S-5 parents got the same score of 70%, because they did not meet the sub-indicators. indicator. The role of parents as facilitators and directors, all parents scored 100% because all indicators were met by all parents. Therefore, the role of parents affects learning outcomes.

References

Afriansyah, E. A. (2021). Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12(7), 13-18.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi 4(1), 152–59.

Laana, D. L. (2021). Solusi Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Inculco Journal of Christian Education, 1(1), 69-80.

Laili, D. N. V. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Siswa Kelas IV Min 3 Karanganyar. (Skripsi). IAIN Salatiga.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. E-Jupekhu, 4(3), 71–76.

Rustiana, M., & Amalia, A. R. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Janacitta: Journal Of Primary And Children’s Education 4(1), 14–17.

Silaen, N. E., & Syofra, A. H. (2020). Studi Literatur: Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Di Tengah Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid -19). In Multidisiplin Ilmu, 255–63.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11(2), 173–79.

Suwarsono, S. (2016). Pengantar Penelitian Kualitatif. In Acara Hari Studi Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, JPMIPA-FKIP Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 1–7.

Valeza, A. R. (2017). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Anak Di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. (Skripsi). UIN Raden Intan Lampung.

Wahida, F. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Purworejo 1 Padangan Bojonegoro Pada Mata Pelajaran Ipa Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. (Skripsi). IAIN Ponorogo.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395–408. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.943

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.