Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia

Authors

  • Dwi Susanti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Heri Retnawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Elly Arliani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Latif Irfan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1424

Keywords:

Assessment, high order thinking skills (HOTS), mathematics learning, Asesmen, pembelajaran matematika

Abstract

HOTS is a very important aspect to be developed in learning mathematics because in solving non-routine real problems students need critical thinking skills and creative abilities. This literature review aims to provide an overview of the opportunities and challenges of developing high-order thinking skills (HOTS) assessments in mathematics learning, especially from a non-technical perspective. Because of the many assessment developments that exist when applied to the assessment of the mathematics learning process. This study was conducted using the method of conducting a literature review proposed by Creswell (2002) in which the study materials used were in the form of journal articles and proceedings. The results of the study indicate that the development of high-order thinking skills (HOTS) assessments in mathematics learning has opportunities in terms of the positive influence obtained from the development of the high order thinking skills (HOTS) assessments, while the challenge is how to develop appropriate mathematics learning instruments. with indicators of high-order thinking skills (HOTS), questions can be developed that are valid, practical, appropriate, and suitable for use, and maximize the assessment or assessment that will be carried out by the teacher at the end or beginning of learning. Thus, to obtain a positive influence from the development of high-order thinking skills (HOTS) assessments in mathematics learning, teachers need to pay attention to these challenges.

HOTS merupakan aspek yang sangat penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika karena dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang tidak rutin siswa memerlukan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kreatif. Kajian literatur ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peluang dan tantangan dari pengembangan asesmen high order thinking skills (HOTS) dalam pembelajaran matematika, khususnya dari segi non-teknis. Karena banyaknya pengembangan-pengembangan asesmen yang ada saat diterapkan untuk penilaikan proses pembelajaran matematika. Kajian ini dilakukan dengan mengacu pada metode pelaksanaan kajian literatur yang diajukan oleh Creswell (2002) di mana bahan kajian yang digunakan berupa artikel jurnal dan prosiding. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan asesmen high order thinking skills (HOTS) dalam pembelajaran matematika memiliki peluang dalam hal pengaruh yang positif yang diperoleh dari pengembangan asesmen high order thinking skills (HOTS) tersebut, sedangkan tantangan yang ada berupa bagaimana mengembangan instrumen dalam pembelajaran matematika yang sesuai dengan indikator soal high order thinking skills (HOTS) dapat dikembangkan dengan valid, praktis, sesuai, dan layak digunakan, dan memaksimalkan penilaian atau asesmen yang akan dilakukan oleh guru diakhir atau awal pembelajaran. Dengan demikian, untuk memperoleh pengaruh positif dari pengembangan asesmen high order thinking skills (HOTS) pembelajaran matematika, guru perlu memperhatikan tantangan-tantangan tersebut.

References

Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.

Arifin, Z. (2016). Pengembangan instrumen pengukur berpikir kritis matematika siswa SMA kelas X. Jurnal Theorems, 1(2), 301751.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative. Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Faisal, Mailani, E., Ananda, L. J., & Lova, S. M. (2019). ESJ (Elementary School Journal) Volume 9 No. 2 Juni 2019. Deskripsi Implementasi Penilaian Autentik Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) Dalam Menjawab Tantangan Abad 21 Di Sekolah Dasar Kota Medan, 9(2), 159–169.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Garudhawaca.

Gainau, M. B., & Yanengga, S. (2015). Problematika Pendidikan Di Indonesia. PT Kanisius.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.

Herawati, R., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen Hots pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda-Benda Di Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 151–159.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935-942.

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lestari, S. A. P. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 111. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3862

Lisnani, & Inharjanto, A. (2023). Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts. Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts, 12(1), 101-112.

Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping berbasis HOTS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503-514.

Mardapi, D. (2004). Penyusunan tes hasil belajar. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886–897. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.328

Merta Dhewa, K., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The development of Higher Order Thinking Skill (Hots) instrument assessment in physics study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(1), 26–32.

Miftahuddin, A., & Nurfalah, E. (2021). Tantangan Guru Dalam Menyusun Soal Matematika Smk Berbasis Hots di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), 91–100.

Monteiro, J. M. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan: Perjuangan Membentuk Karakter Bangsa. Deepublish.

Murwanto, A., Qohar, A., & Sa'dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD Daring Pendekatan Guided Discovery Berbasis HOTS Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Ozkale, A., & Ozdemir Erdogan, E. (2020). A Conceptual Model for the Interaction of Mathematical and Financial Literacies. International Journal of Progressive Education, 16(5), 288–304. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.277.18

Pananrangi, H. A. R. (2017). Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172

Putri, C. A., Rofiqoh, E., Wulandari, F. A., Prastiningrum, F. A., & Eva, N. (2021). Asesmen Autentik: Pengembangan Asesmen HOTS Mata Pelajaran Matematika pada Siswa SMP. Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1), 97–109.

Rafi, I., Nurjannah, F. F., Fabella, I. R., & Andayani, S. (2020). Peluang dan Tantangan Pengintegrasian Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 229–248. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.229-248

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk meningkatkan HOTS pada kompetensi bangun ruang sisi datar. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135.

Sagala, P. N., & Andriani, A. (2019). Development of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Questions of Probability Theory Subject Based on Bloom’s Taxonomy. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012025

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Sari, I. T. S., Adisel, A., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Integrasi Kebangsaan pada Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(2), 109–120.

Setiyani, S., Sagita, L., & Herdiawati, I. E. (2020). Penerapan model MURDER terhadap peningkatan kemampuan analisis dan evaluasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 395-406.

Setyaningsih, N., & Kustiana, M. N. (2023). Analysis of Students' Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 351-362.

Sumandya, I. W., Suarni, N. M., Mahendra, I. W. E., & Panglipur, I. R. (2020). Developing assessment of vocation-based hots on mathematics subject for x class of vocational school. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 2900–2903.

Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Nizamia Learning Center.

Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining Higher Order Thinking in Indonesian Lower Secondary Mathematics Classrooms. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277-300.

Usman, M., & Yusuf, N. (2018). Keterampilan Berbicara Dengan Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal HOTS.

Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 37–46.

Yusmanto, H., Soetjipto, B. E., & Djatmika, E. T. (2017). Higher Order Thinking Skills Siswa SMPS IT Darul Azhar Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229–242. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1424

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.