Pengembangan media video pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2674Keywords:
Pengembangan, Macromedia Flash, Penalaran matematis, Develop, Mathematical ReasoningAbstract
Abstract
This research aims to develop interactive learning video media based on Macromedia Flash to enhance students' mathematical reasoning abilities in a valid, practical, and effective manner. This research uses a development method called the ADDIE model. This interactive learning video media based on Macromedia Flash is expected to make students interested in mathematics so that their mathematical reasoning abilities improve. This research was conducted with a field trial involving 24 seventh-grade students. The assessment results obtained from media expert validators received a percentage of 82.7%, and from material expert validators, 82.4%. The percentage of the practicality of the learning video media based on the teacher response questionnaire results is 95%, and based on the student response questionnaire results, it is 87.5%. And the effectiveness obtained from the student test results is 79%.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang valid, praktis dan efektif. Peneltian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE. Media video pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash ini diharapkan dapat membuat siswa tertarik dalam mata pelajaran Matematika sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan uji coba lapangan yang terdiri dari 24 siswa kelas VII. Hasil penilaian yang diperoleh dari validator ahli media mendapatkan persentase sebesar 82,7% dan validator ahli materi sebesar 82,4%. Persentase kepraktisan media video pembelajaran berdasarkan hasil angket respon guru sebesar 95% dan berdasarkan hasil angket respon siswa sebesar 87,5% Dan keefektifan diperoleh dari hasil tes siswa yaitu sebesar 79%.
References
Darmawan, A. S., & Setyani, W. A. (2021, March). Development of Audio Visual Media for Distance Learning. In 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020) (pp. 408-412). Atlantis Press.
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student's problem-solving ability. Heliyon, 9(4).
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.614
Julita, & Purnasari, P. D. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460
Listiani, T. (2022, November). The development of educational research statistics teaching materials using the ADDIE model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2542, No. 1). AIP Publishing.
Maulandani, S., & Afriansyah, E. A. (2024). Mathematical Reasoning Skills Review of Student Self-Regulated Learning in Number Pattern. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 27-46. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1685
Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109
Mukmin, B. A., & Primatasya, N. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 107–115.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi pertidaksamaan dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187-200.
Saadah, N., & Budiman, I. (2022). Meta analisis: pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis adobe flash pada jenjang SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 221-236.
Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3003
Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyu, K., Nurazizah, & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dan Proses Belajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarah Nabilah, Darmina Eka Sari Rangkuti, Firmansyah, Abdul Mujib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.