Pengembangan media video pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa

Authors

  • Sarah Nabilah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Darmina Eka Sari Rangkuti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Firmansyah Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah
  • Abdul Mujib Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah https://orcid.org/0000-0001-7696-316X

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2674

Keywords:

Pengembangan, Macromedia Flash, Penalaran matematis, Develop, Mathematical Reasoning

Abstract

Abstract

This research aims to develop interactive learning video media based on Macromedia Flash to enhance students' mathematical reasoning abilities in a valid, practical, and effective manner. This research uses a development method called the ADDIE model. This interactive learning video media based on Macromedia Flash is expected to make students interested in mathematics so that their mathematical reasoning abilities improve. This research was conducted with a field trial involving 24 seventh-grade students. The assessment results obtained from media expert validators received a percentage of 82.7%, and from material expert validators, 82.4%. The percentage of the practicality of the learning video media based on the teacher response questionnaire results is 95%, and based on the student response questionnaire results, it is 87.5%. And the effectiveness obtained from the student test results is 79%.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang valid, praktis dan efektif. Peneltian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE.  Media video pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash ini diharapkan dapat membuat siswa tertarik dalam mata pelajaran Matematika sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan uji coba lapangan yang terdiri dari 24 siswa kelas VII. Hasil penilaian yang diperoleh dari validator ahli media mendapatkan persentase sebesar 82,7% dan validator ahli materi sebesar 82,4%. Persentase kepraktisan media video pembelajaran berdasarkan hasil angket respon guru sebesar 95% dan berdasarkan hasil angket respon siswa sebesar 87,5% Dan keefektifan diperoleh dari hasil tes siswa yaitu sebesar 79%.

References

Darmawan, A. S., & Setyani, W. A. (2021, March). Development of Audio Visual Media for Distance Learning. In 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020) (pp. 408-412). Atlantis Press.

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student's problem-solving ability. Heliyon, 9(4).

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.614

Julita, & Purnasari, P. D. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460

Listiani, T. (2022, November). The development of educational research statistics teaching materials using the ADDIE model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2542, No. 1). AIP Publishing.

Maulandani, S., & Afriansyah, E. A. (2024). Mathematical Reasoning Skills Review of Student Self-Regulated Learning in Number Pattern. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 27-46. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1685

Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109

Mukmin, B. A., & Primatasya, N. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 107–115.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi pertidaksamaan dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187-200.

Saadah, N., & Budiman, I. (2022). Meta analisis: pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis adobe flash pada jenjang SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 221-236.

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195

Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3003

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyu, K., Nurazizah, & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dan Proses Belajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Nabilah, S., Rangkuti, D. E. S., Firmansyah, & Mujib, A. (2025). Pengembangan media video pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1), 199–210. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2674

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.