Kemampuan penalaran matematis ditinjau pendekatan steam berbantuan virtual reality
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2634Abstract
Perkembangan teknologi dan kebutuhan kompetensi abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya adalah kemampuan penalaran matematis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih tergolong rendah. Penerapan pendekatan STEAM berbantuan Virtual Reality (VR) merupakan inovasi yang dapat digunkan dalam kegaiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh pendekatan STEAM berbantuan teknologi Virtual Reality (VR) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review dengan mengidentifikasi 15 artikel internasional dari database Google Scholar yang memenuhi kriteria seleksi tertentu. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan VR dalam pendekatan STEAM mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan imersif, yang mendukung pemahaman konsep matematika yang abstrak, seperti geometri, aljabar, dan statistika. Integrasi Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan konsep abstrak secara nyata dan interaktif, sehingga mempermudah proses berpikir logis, penyusunan bukti, serta penarikan kesimpulan. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan motivasi belajar, retensi informasi, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran matematika.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Ijlal Abdika, Arief Agoestanto, Scolastika Mariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.