Kemampuan penalaran matematis ditinjau pendekatan steam berbantuan virtual reality

Authors

  • Ahmad Ijlal Abdika UNNES
  • Arief Agoestanto
  • Scolastika Mariani

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2634

Abstract

Perkembangan teknologi dan kebutuhan kompetensi abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya adalah kemampuan penalaran matematis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih tergolong rendah. Penerapan pendekatan STEAM berbantuan Virtual Reality (VR) merupakan inovasi yang dapat digunkan dalam kegaiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh pendekatan STEAM berbantuan teknologi Virtual Reality (VR) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review dengan mengidentifikasi 15 artikel internasional dari database Google Scholar yang memenuhi kriteria seleksi tertentu. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan VR dalam pendekatan STEAM mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan imersif, yang mendukung pemahaman konsep matematika yang abstrak, seperti geometri, aljabar, dan statistika. Integrasi Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan konsep abstrak secara nyata dan interaktif, sehingga mempermudah proses berpikir logis, penyusunan bukti, serta penarikan kesimpulan. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan motivasi belajar, retensi informasi, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran matematika.

Published

2025-02-28

How to Cite

Ahmad Ijlal Abdika, Arief Agoestanto, & Scolastika Mariani. (2025). Kemampuan penalaran matematis ditinjau pendekatan steam berbantuan virtual reality. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1). https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2634

Issue

Section

Articles