Unveiling the Power of Discovery Learning: Boosting Students' Mathematical Understanding and Confidence

Authors

  • Nur Hanipah Universitas Majalengka
  • Nia Kania Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1524

Keywords:

Mathematical Concept Understanding, Model Discovery Learning, Self-Efficacy, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

In education, it is stated that students' mathematical comprehension skills and self-efficacy are still lacking. As a result, there needs to be a change in the classroom instruction process. The first step in this process is to use model discovery learning. This study aims to determine how model discovery learning affects students' self-efficacy and comprehension of mathematical ideas. A systematic literature review is the term used to describe this kind of study (SLR). To acquire data for this study, several research publications were gathered from Google Scholar; sixteen articles were employed. Among the many activities that researchers perform include finding, confirming, evaluating, and summarising all of the currently available research. The conclusion of this study shows that the discovery learning model affects students' self-efficacy and mathematical concept understanding ability because it can make learning activities in the classroom active.

Dalam bidang pendidikan, dinyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa masih kurang. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran di kelas. Langkah pertama dalam proses ini adalah dengan menggunakan model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model discovery learning mempengaruhi self-efficacy dan pemahaman siswa terhadap ide-ide matematika. Tinjauan literatur sistematis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis penelitian ini (SLR). Untuk memperoleh data untuk penelitian ini, sejumlah publikasi penelitian dikumpulkan dari Google Scholar; total ada enam belas artikel yang digunakan. Di antara banyak kegiatan yang dilakukan para peneliti adalah menemukan, mengkonfirmasi, mengevaluasi, dan merangkum semua penelitian yang saat ini tersedia.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap self-efficacy dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa karena dapat membuat kegiatan pembelajaran di kelas menjadi aktif.

References

Annisa, S. A., Ainy, F. N., Adelia, V. A., Annisa, I., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas iii sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 227–232.

Dazrullisa & T. Chairul Mahdi. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan geometric sketcpad. Numeracy, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.995

Fauziana. (2022). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan memecahkan masalah ipa. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 11(1), 151–162.

Febriana, R., Putri, P. O., & Delyana, H. (2023). The Effect of Model Discovery Learning on Students’ Self-Efficacy and Student Learning Outcomes. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 9(2), 119. https://doi.org/10.30595/alphamath.v9i2.19498

Hafni, M., Syahputra, E., & Khairani, N. (2021). Development of Interactive Learning Based Discovery Learning to Improve Mathematic Representation and Self-Efficacy Abilities of MAN 1 Medan Students. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1201–1213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.575

Hayati, K., Muhammad, I., & Isfayani, E. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan kuadrat kelas ix smp negeri 2 bireuen. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1), 219. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7461

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.

Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255-264.

Manalu, B. M., Siahaan, T. M., & Novatrasio, G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memahami Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 1780–1787.

Nasution, M. A., & Dewi, I. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Tanjung Morawa. Journal on Education, 06(02).

Nur Sya’adah, A., & Samsudin, A. (2022). Penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembagian siswa sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2241–2250. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.519

Prasetya, A. E. (2022). Desain Pembelajaran Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(3), 218. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.170

Rahmadhani, A. T., & Yerizon. (2020). Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas xi ipa sma negeri 3 padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 9(3), 11–16.

Razi, Z., & Mirunnisa, M. (2019). Penerapan model discovery learning berbantuan software maple untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2423

Razi, Z., & Mirunnisa, M. (2021). Penerapan model discovery learning berbantuan software maple untuk meningkatkan self efficacy mahasiswa. PROSIDING : Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu.

Safitri, M., Rahmi, & Aima, Z. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.55719/jrpm.v6i1.1113

Safitri, S., Wahab, A. J., Nurazmi, & Rini. (2023). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas x agrobisnis upt smk negeri 7 pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4).

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Samsuddin, A. F. & Heri Retnawati. (2022). Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 17–26. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v12i1.5521

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui mood-understand-recall-digest-expand-review dan discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291-302.

Sumini, Winarni, E. W., & Koto, I. (2019). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan HOTS pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas IV A MIN 1 Kota Bengkulu. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 159–168.

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.341

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1026

Zakiah, Z., & Fitria, Y. (2023). Pencapaian Ranah Afektif Self-Efficacy Peserta Didik Sekolah Dasar pada Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 50. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.121674

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Hanipah, N., & Kania, N. (2023). Unveiling the Power of Discovery Learning: Boosting Students’ Mathematical Understanding and Confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 281–288. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1524

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.