Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal bangun datar ditinjau dari level van hiele
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1731Keywords:
Bangun Datar, Level Van Hiele, Pemecahan Masalah, Van Hiele Levels, Problem Solving, quadlilateralAbstract
The research aims to describe the problem-solving ability of junior high school students in solving flat-shape problems in terms of Van Hiele level. The research conducted is descriptive qualitative research. The research was conducted on 19 students of class VIIA in one of the public junior high schools in Jember Regency. Data collection was carried out using Van Hiele Level category tests, as many as 25 multiple choice questions, 1 problem-solving ability test description question, and interviews. Students who have been categorized selected each level of one student as a subject that can represent that level. Data analysis techniques used include data reduction, presentation, and conclusion drawing. Checking the validity of the data using triangulation techniques. The results showed that subjects at level 1 visualization can fulfill the four stages of Polya in solving problems according to their abilities. Subjects at level 2 analysis can fulfill two stages of Polya, namely the stages of understanding the problem and determining the solution strategy according to their abilities. Subjects at level 3 informal deductive in fulfilling three stages of Polya, namely understanding the problem, determining the strategy, and checking back according to their ability.
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun datar ditinjau dari Level Van Hiele. Penelitian yang dilakukan merupakan peneilitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada 19 siswa kelas VIIA di salah satu SMP Negeri Kab. Jember. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes kategori Level Van Hiele sebanyak 25 soal pilihan ganda, 1 soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Siswa yang telah dikategorikan dipilih masing-masing level satu siswa sebagai subjek yang dapat mewakili pada level tersebut. Teknik analisis data yang digunakan yakni meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek pada level 1 visualisasi dapat memenuhi keempat tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan kemampuannya. Subjek pada level 2 analisis dapat memenuhi dua tahapan Polya yakni tahapan memahami masalah dan menentukan strategi penyelesaian sesuai dengan kemampuannya. Subjek pada level 3 deduktif informal dalam memenuhi tiga tahapan Polya yakni memahami masalah, menentukan strategi dan memeriksa kembali sesuai dengan kemampuannya.
References
Agus, R. N., & Sholahudin, U. (2023). Pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 06(02), 138–142. https://doi.org/10.37150/jp.v6i2.1885
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.
Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118.
Fariha, & Ramiah. (2021). Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080
Firnanda, V., & Pratama, F. W. (2020). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga berdasarkan teori van hielle. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 487-498.
Gee, E., & La’ia, H. T. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Pada LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 321–325. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18133
Handayani, U. F. (2021). Kreativitas Siswa Kemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Pi: Mathematics Educations Journal, 4(2), 91–101. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5757
Haviger, J., & Vojkůvková, I. (2014). The van Hiele Levels at Czech Secondary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171(2015), 912–918. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.209
Lusiana, L., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155-166.
Misri, M. A., & Zhumni, A. I. (2013). Pengaruh Tingkat Berpikir Geometri (Teori Van Hiele) Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Garis Dan Sudut. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.44
Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103–116. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.255
Nisa, A., & Salafudin. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa Tengah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Aritmetika Sosial. SANTIKA: Seminar Nasional …, 10–23.
OECD. (2019). Snapshot of performance in reading, mathematics and science: Vol. I (Issue Volume I). https://doi.org/10.1787/cbb85a0d-en
Pratiwi, I., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas IV MI Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43
Ristanty, D. W., & Pratama, F. W. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1648–1658. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1400
Rodiawati, H., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1976–1986. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6730
Rosita, I., & Abadi, P. A. (2019). kemampuan Pemecahan Masalah matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1060–1065.
Saputra, Y. P., Baidowi, Wulandari, N. P., & Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JCAR (Journal of Classroom Action Research), 5(1), 85–74. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2800
Sarman, A. A., Suastika, I. K., & Murniasih, T. R. (2023). Pengembangan E- LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.49-66
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.
Solihati, A., Rahmawati, F., & Pamungkas, M. D. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.197
Ulfa, Y. L., & Roza, Y. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.
Zulfayanto, I., Lestari, S., Ilmiah, T., & Mustangin. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Himpunan Siswa SMP Kelas VII Ditinjau Dari Gender. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 33–54. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.172
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ucik Fitri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.