Mathematical connection skills in sequence and series
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1763Keywords:
Connection Ability, Qualitative Descriptive, Sequences and Series, Kemampuan Koneksi, Deskriptif Kualitatif, Barisan dan DeretAbstract
This research is a qualitative descriptive study that aims to analyze how the mathematical connection abilities of high school students of class XI in the material of the rows and rows. The subjects of this study were 3 random students from class XI in SMA in Putrajawa Village. The instrument used in this study was in the form of 3 questions that referred to the indicators of students 'mathematical connection ability. The results of this study showed that the students' mathematical connection ability was in the moderate category, as seen from the percentage of errors made by students on the indicators of recognizing and applying mathematics. in contexts outside mathematics.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan koneksi matematis yang dimiliki oleh siswa SMA kelas XI pada materi Barisan dan Deret . Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang siswa secara acak kelas XI di SMA di Desa Putrajawa. Instrumen soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 3 buah soal yang mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis siswa.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa tergolong dalam kategori sedang, yang terlihat dari persentasi kesalahan yang dilakukan siswa pada indikator mengenali dan menerapkan matematika dalam kontek-konteks di luar matematika.
References
Chronika, A. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smk Pada Materi Fungsi Kelas Xi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 254–260.
Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 69-82.
Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa antara model pembelajaran CTL dan BBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97-112.
Fitriani, D. (2023). Self–Directed Learning dan Disposisi Berpikir Terbuka Aktif Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 511-520.
Hadiat, H., & Karyati. (2020). Hubungan Kemampuan Koneksi Matematika, Rasa Ingin Tahu Dan Self-Efficacy Dengan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 200–210.
Hamdani, M., & Erdawati, N. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 275–282.
Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending dan means ends analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339-352.
Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121-130.
Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.
Mayasari, Y., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Riset Pendidikan, 2(1), 27–44.
Pitriani, R., & Afriansyah, E. A. (2016). Persepsi dalam pembelajaran pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 15–24.
Soleha, R. P., & Wulantina, E. (2023). Development of Mathematics Adventure Educational Game on SPLDV Material to Improve Students' Mathematical Connection Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 925-936.
Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–73.
Wahyu, E., Suharto, & Hobri. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm (National Council of Teachers of Mathematics) Siswa Smk Kelas Xi Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis Eko. Kadikma, 8(1), 128–136.
Wiharso, T. A., & Susilawati, H. (2020). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan self efficacy mahasiswa melalui model CORE. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 429-438.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hilma Siti Nafisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.