The creative mathematical thinking ability of junior high school students on the material of rectangular quadrilateral shapes
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1765Keywords:
creative thinking skills, rectangular quadrilateral shapes, junior high school, kemampuan berpikir kreatif, bangun datar segi empat, smpAbstract
This study aims to describe students' mathematical creative thinking skills in solving problems on the material of rectangular plane shapes in grade VII junior high school students in Kp. Simpang Rt.05/Rw.04 The research method used is descriptive qualitative. The research subjects consisted of 2 people who were taken randomly, the research instrument in this study was the researcher himself, assisted by supporting instruments in the form of test questions, interviews and research notes. The instrument technique used is the triangulation test. Data analysis techniques used include creative thinking ability tests, interview results, and research notes. From the results of the study, it can be seen that the mathematical creative thinking skills of students in Simpang Village on the material of rectangular plane shapes are still relatively low.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi bangun datar segi empat pada siswa SMP kelas VII di Kp. Simpang Rt.05/Rw.04 Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriftif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang yang diambil secara acak, Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh instrumen pendukung berupa soal tes, wawancara dan catatan penelitian. Teknik instrumen yang digunakan adalah uji triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup tes kemampuan berpikir kreatif ,hasil wawancara, dan catatan penelitian. Dari hasil studi memperlihatkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang berada di desa simpang pada materi bangun datar segi empat masih tergolong rendah.
References
Andiyana, Arfan, M., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239–248.
Anon. (2013). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp pada pembelajaran matematika dengan model air dan pendekatan kontekstual.
Apriansyah, Dadang, & Ramdani, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif matematika siswa mts pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.
Dila, R. O., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Peluang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 155–160.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118.
Febriani, S., & Ratu, N. (2018). Profil proses berpikir kreatif matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 39–50.
Handayani, U. F. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 399-410.
Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Segitiga Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan Pontianak, 5(11), 1–11.
Novianti, D., & Hidayat, W. (2020). Analisis kemampuan siswa mts dalam berpikir kreatif matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 595–604.
Pangestu, Sriretno, N.., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert Dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226.
Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184.
Safitra, M. D., Mulyono, B., & Susanti, E. (2023). Numeration-Based Teaching Materials on Algebra Shape Materials for Blended Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 375-388.
Salsabila, R. T., & Delyana, H. (2023). Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 251-264.
Sanusi, Muslim, A., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android Pada Barisan Dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520.
Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate, and Review. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 13–24.
Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229-242.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383.
Winarsih, P., Masfufah, S. H., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan self-confidence terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa mts. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 895–902.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rati Dalilan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.