Analisis computational thinking pada pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan algoritma pemrograman

Authors

  • Suwanto Suwanto Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Daut Siagian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bernat Parulian Purba Universitas Negeri Medan
  • Candi Krisna Martua Siahaan Siahaan
  • Christian Tambunan
  • Dea Amanda
  • Tea Dalbina Perangin-angin

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2648

Keywords:

berpikir komputasi, algoritma, pembelajaran matematika, pemrogramanan, computational thinking, algorithms, mathematics learning, programming

Abstract

Abstract 

Computational thinking is an approach that combines algorithms and logic to enhance students’ ability to solve mathematical problems systematically and efficiently. This study aims to analyze the impact of computational thinking in mathematics education based on findings from various previous studies. The research employs a literature review method through three stages: planning, implementation, and reporting, to examine the influence of programming algorithms in mathematics learning grounded in computational thinking. The process includes identifying relevant literature based on inclusion and exclusion criteria, as well as analyzing the impact of programming algorithms on students’ abilities and teaching methods. The results from the analysis of ten selected articles are used to address the research questions and are compiled into a final report. Based on the analysis of these ten studies, it can be concluded that the integration of programming algorithms and computational thinking into mathematics instruction significantly enhances students’ analytical thinking, problem-solving skills, and understanding of mathematical concepts. This approach not only strengthens cognitive abilities but also prepares students to face the challenges of a complex digital era. Therefore, computational thinking is a vital component in the innovation of contemporary mathematics education.

Abstrak

Computational thinking merupakan pendekatan yang menggabungkan algoritma dan logika untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika secara sistematis dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh computational thinking dalam pembelajaran matematika berdasarkan temuan dari berbagai studi sebelumnya. enelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka melalui tiga tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan untuk menganalisis pengaruh algoritma pemrograman dalam pembelajaran matematika berbasis computational thinking. Prosesnya mencakup identifikasi literatur relevan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, serta analisis terhadap dampak algoritma pemrograman terhadap kemampuan siswa dan metode pengajaran. Hasil dari analisis 10 artikel literatur tersebut digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan disusun dalam laporan akhir. Berdasarkan analisis terhadap sepuluh literatur, dapat disimpulkan bahwa integrasi algoritma pemrograman dan computational thinking dalam pembelajaran matematika secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir analitis, pemecahan masalah, dan pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat keterampilan kognitif, tetapi juga mempersiapkan siswa menghadapi tantangan era digital yang kompleks. Oleh karena itu, computational thinking menjadi komponen penting dalam inovasi pendidikan matematika masa kini.

References

Angelika, E., & Surya, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm).

Cahdriyana, R. A. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal literasi, 11(1), 50-56.

Hikmawan, R., Suherman, A., Fauzi, A., & Mubarak, I. (2020). Ikigai as student high order literacy skills intrinsic motivation learning template. Journal of education Research and Evaluation, 4(1),98-102.

Islami, A., Fatra, M., & Diwidian, F. (2023). Model Search, Solve, Create, and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 453-468. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1508

Martin, R., & Surya, E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Untuk Menigkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Geomerti. Jurnal Prosiding Pendidikan Dasar, 104.

Mukhibin, A., Herman, T., Aulia, L. S., & Firdaus, H. (2024). Integrating Computational Thinking in STEM Learning: An Effort to Improve Students’ Problem-Solving Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49-62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1975

Nasiba, U. (2022). Media pembelajaran numerasi berbasis berpikir komputasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. jurnal didaktika pendidikan dasar, 502-538.

Nilam, D., Jamna, dkk (2022). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematika siswa SMP pada materi persamaan kuadrat. Jurnal pendidikan matematika, 2(3).

Nurlaelah, E., Usdiyana, D., & Fadilah, N. (2024). The Relationship Between Computational Thinking Ability and Logical Mathematical Intelligence. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 87-96. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1978

Oktifa, N. (n.d.). Mengenal apa itu computational thinking. Aku pintar.

Pandiangan, L. W., & Edy Surya. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp Swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 1-13.

Susanti, I. (2019). Hubungan computational thinking skill (CTS) dengan hasil belajar mahasiswa tahun pertama program studi komputer di Banda Aceh .

Syahril, R. F., Sehatta Saragih, & Susda Heleni. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Barisan Dan Deretuntuk Kelas Xi Sma/Ma. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 9-17 .

Wiryasaputra, r., albert salomo, nina sevani, & seruni. (2022). peningkatan pola berpikir komputasi pada siswa smak mater dei melalui bahasa pemrograman java dan phyton. jurnal pengabdian kepada masyarakat, Vol 2(2), 127-145.

Yunita, M. R., & Edy Surya. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Kemampuan Visual Thingking Matematis Dan Self Efficacy Siswa Kelas Vii Smp Swasta Raja Garuda Mas Besitang. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 18-29.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Suwanto, S., Siagian, M. D., Purba, B. P., Siahaan, C. K. M. S., Tambunan, C., Amanda, D., & Perangin-angin, T. D. (2025). Analisis computational thinking pada pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan algoritma pemrograman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1), 175–186. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2648

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.