Pengaruh penggunaan media konkret dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar

Authors

  • Ferola Dwi Andarsa Universitas negeri padang
  • Fatma Pertiwi Setiawati
  • Adrias Adrias Universitas Negeri Padang
  • Salmaini Putri Syam Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2587

Keywords:

Minat Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, Media konkret, Interest in learning, Concrete media, Mathematics, Elementary School

Abstract

Pembelajaran matematika sering kali dipandang sulit oleh peserta didik, oleh karena itu diperlukan metode yang inovatif untuk mendorong minat belajar mereka. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif adalah pemakaian media benda konkret saat kegiatan pembelajaran. Artikel ini bermaksud untuk meninjau efektivitas benda konkret untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Dengan menerapkan metode literature review, penelitian ini mengkaji berbagai studi yang telah dilakukan terkait pemakaian alat konkret dalam pembelajaran matematika. Hasil tinjauan membuktikan bahwasanya media konkret dapat meningkatkan keterlibatan siswa, membantu mereka memahami konsep abstrak dengan lebih mudah, serta mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi. Berbagai alat peraga, seperti manik-manik, sedotan, dan objek nyata lainnya, telah digunakan dalam pembelajaran matematika dengan hasil yang positif. Oleh karena itu, diperlukan eksplorasi lebih lanjut mengenai inovasi media konkret yang lebih variatif serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik saat mengenal konsep-konsep matematika yang lebih kompleks.

Mathematics learning is often considered difficult by students, therefore innovative methods are needed to encourage their interest in learning. One approach that has proven effective is the use of concrete objects during learning activities. This article intends to review the effectiveness of concrete objects to improve the interest and learning outcomes of elementary school students. By applying the literature review method, this study examines various studies that have been conducted related to the use of concrete tools in mathematics learning. The results of the review prove that concrete media can increase student engagement, help them understand abstract concepts more easily, and encourage higher learning motivation. Various teaching aids, such as beads, straws, and other real objects, have been used in mathematics learning with positive results. Therefore, further exploration is needed regarding more varied concrete media innovations and their impact on students' critical thinking skills when learning more complex mathematical concepts.

References

Adrianingsih, N. Y., Sari, N. N., Padafani, L., & Mukhti, T. O. (2024). Factors Influencing Mathematics Learning in Students in the Alor Islands Region. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 39-48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1974

Ali, N. N., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis Problematika Guru Sekolah Dasar dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik pada Era New Normal. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 503-510. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1512

Argaruri, Y., Sulianto, J., Listyarini, I., Natalia, D., Santi, K., & Rini, P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SDN Kalicari 01 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 189–201.

Audina, R., & Dewi, D. F. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105364 Lubuk Rotan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(3), 147–158. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.102

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.

Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Salsabila, Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin, W. (2022). Etnomatematika: Konsep matematika pada kue lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247-256. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.703

Indriani, R., Wahyudin, & Turmudi. (2023). The Effectiveness of Problem-Based Learning and Direct Instruction Models in Enhancing Mathematical Understanding among Elementary School Students. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 909-924.

Juwitya Antari, N. L. K. E., Sudarsana, I. K., & Mahendradhani, G. A. A. R. (2023). Penggunaan Media Benda Konkret Dalama Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD Negeri 6 Mas. Jurnal Pasupati, 10(1), 68. https://doi.org/10.37428/pasupati.v10i1.346

Lesmana, A., & Afriansyah, E. A. (2024). Analisis minat dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan kahoot. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(1), 37-52. https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1775

Matematika, J. I., Angkasa, K., & Manik, E. A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Terhadap Materi Matematika , Khususnya Dalam Perkalian Berbentuk Cerita Di Kelas II Sekolah Dasar. 2(4).

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07

Novitasari, R. W., Santi, E. E., Ekayanti, A., & Nasution, I. F. (2023). Student Strategy Profile in Solving Word Problems Based on Polya’s. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 735-744. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1187

Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan media audio visual pada pembelajaran matematika di kelas 1 mi al hikmah 1 sepatan. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).

Purnamasari, N. (2024). Analysis of students' interest in learning mathematics. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 305-312. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2667

Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(02), 123–128.

Rahayu, A., Praheto, B. E., & Rohmah, O. I. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Pembelajaran Matematika dengan Pemanfaatan Media Konkret untuk Siswa Kelas 1 SD Negeri Sindurejan. 3(1).

Rahmadhani, A. S., & Yulia, P. (2023). Minat Belajar Matematika Siswa di MTsN 2 Kerinci. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 183-190. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1335

Rismawati, M., Khairiati, E., Pendidikan Matematika, P., Persada Khatulistiwa, S., Harapan Tempunak, B., & Sintang, K. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. 2(2).

Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan belajar matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.945

Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematikasiswa kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18.

Sudiansyah, S., Lutfi, M., Bosco, F. H., Putra, R. P., Fauziyah, W. R., Rais, R., & Haddar, G. Al. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa. Global Education Journal, 1(1), 51–61. https://doi.org/10.59525/gej.v1i1.141

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23.

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing setting kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.646

Ulkhaq, M. M. (2023). Determinan pencapaian siswa bidang matematika: Perbandingan antara indonesia dan singapura. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2481

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.

Zuschaiya, D. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 41–49. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.314

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Andarsa, F. D., Fatma Pertiwi Setiawati, Adrias, A., & Syam, S. P. (2025). Pengaruh penggunaan media konkret dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(2), 357–364. https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2587

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.