Batik math puzzle: media pembelajaran pola bilangan berbasis scratch dalam batik rujak senthe yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2707Keywords:
Batik Math Puzzle, Scratch, Pola Bilangan, Batik Rujak Senthe, number patternAbstract
This study aims to create and develop Scratch-based learning media for Number Pattern material by integrating Batik Rujak Senthe Yogyakarta and named Batik Math Puzzle. In developing learning media, researchers use the R&D method using the ADDIE development model. The data collection technique uses a questionnaire that is analyzed descriptively. The subjects of the study were 10 students of grade VIII of junior high school to find out students' responses to the learning media that has been developed. The results of the study are Scratch-based Batik Math Puzzle learning media for Number Pattern material on Batik Rujak Senthe typical of Yogyakarta with a percentage of assessment eligibility from the validator reaching 88% with a very feasible category. And getting a positive response from students reaching 90.4% with a very good response category. Thus, the Scratch-based Batik Math Puzzle learning media for Number Pattern material on Batik Rujak Senthe is very feasible to use in the learning process. And shows that the Scratch-based Batik Math Puzzle can be an innovation in mathematics learning, especially in Number Pattern material by integrating local culture in the form of Batik Rujak Senthe.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis Scratch untuk materi Pola Bilangan dengan mengintegrasikan Batik Rujak Senthe Yogyakarta dan diberi nama Batik Math Puzzle. Dalam mengembangkan media pembelajaran, peneliti menggunakan metode R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII SMP untuk mengetahui respon siswa mengenai media pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil penelitian adalah media pembelajaran Batik Math Puzzle berbasis Scratch untuk materi Pola Bilangan pada Batik Rujak Senthe khas Yogyakarta dengan persentase kelayakan penilaian dari validator mencapai 88% dengan kategori sangat layak. Serta mendapatkan respon positif dari siswa mencapai 90,4% dengan kategori respon sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran Batik Math Puzzle berbasis Scratch untuk materi Pola Bilangan pada Batik Rujak Senthe sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Serta menunjukkan bahwa Batik Math Puzzle berbasis Scratch dapat menjadi inovasi baru dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam materi Pola Bilangan dengan mengintegrasikan budaya lokal berupa Batik Rujak Senthe.
References
Arwadi, F., Haris, H., Fudhail, A., Afriansyah, E. A., & Zaki, A. (2024). Kemampuan TPACK Mahasiswa PPL Program Studi PPG Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar. Issues in Mathematics Education (IMED), 8(2), 167-172.
Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian etnomatematika pola Batik Keraton Surakarta melalui analisis simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.637
Aulia, A., Putri, A. A., & Kowiyah, K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bilangan dan Pengukuran Siswa Kelas II Sekolah Dasar Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 9-19.
Auliya, N. N. F. (2019). Etnomatematika Kaligrafi Sebagai Sumber Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4879
Bishop, A. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. Learning of Mathematics, 14(2), 15–18.
Efwan, N. S., Afriansyah, E. A., Luritawaty, I. P., Arwadi, F., & Yadav, D. K. (2024). The Level of students' mathematical creative thinking skills as measured by their self-confidence. International Journal of Didactic Mathematics in Distance Education, 1(2), 125-136.
Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis perkembangan media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar berbasis game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204-211.
Irawan, A., Lestari, M., and Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 39–45. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45
Laksana, D. N. L. (2024). Pengembangan media pembelajaran literasi dan numerasi berbasis budaya lokal untuk siswa sd kelas rendah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 12-23.
Lestari, A. and Sudihartinih, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berjudul Game Learn with Adventure Menggunakan Scratch. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 127–144. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v12i2.5451
Marthani, G. Y., and Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305–316. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1410
Mulyati, S., and Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Ramadhani, R., Syahputra, E., & Simamora, E. (2022). Ethno-flipped classroom model: sebuah rekomendasi model pembelajaran matematika di masa new normal. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 221-240.
Rosa, M., and Shirley, L. (2016). Introduction. Springer Nature Link. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_1
Sartika, N. S., Sujana, A., and Fitriyani, G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 203–209. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5702
Septia, T., Nuraini, A., & Wahyu, R. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada aktivitas masyarakat petani di kecamatan gondanglegi kabupaten malang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 253-262. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1702
Serepinah, M., and Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (2), 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Setiawan, W., Hakim, L. F. N., and Filiestianto, G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Animasi Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif [Preprint], 4(2). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p
Slamet, E. A., and Ulpah, M. (2022). Etnomatematika Pada Budaya Cilacap Sebagai Sumber Belajar Matematika. AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 9(4), 121. https://doi.org/10.12928/admathedust.v9i4.25010
Subekti, D.W., and Syakir, M. (2019). Pengembangan Desain Motif Batik Semarang Pada Unit Usaha Batik Figa Semarang. Eduarts: Journal of Arts Education, 8(3), 27–34.
Sunandar, M. A. (2016). Pembelajaran Matematika SMK Bernuansa Etnomatematika. Seminar Nasional Matematika X, 95–105.
Wibawa, F. S., Nurhikmayati, I., & Kania, N. (2024). Cultural Perspectives in Geometry: Designing Ethnomathematics-Inspired Educational Tools for Geometric Thinking. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 453-470. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2276
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Beti Agustina Asih, Sabrina Nur Maulida, Fadillah Nur Afina, Adi Satrio Ardiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.