Students’ Mathematical Problem-Solving Ability from the Perspective of Mathematical Anxiety Levels
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i3.1640Keywords:
High School, Mathematical Anxiety, Mathematical Problems, Mathematical Problem-Solving Ability, Kecemasan matematis, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Masalah matematis, Sekolah menengah atasAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah, dengan kecemasan matematis diidentifikasi sebagai salah satu penyebab utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tingkat kecemasan matematisnya, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan terdiri dari 39 siswa kelas XI dari sebuah SMA di Kota Serang, Provinsi Banten, yang telah mempelajari barisan dan deret geometri. Data dikumpulkan melalui tes tulis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika serta menggunakan teknik non-tes seperti kuesioner kecemasan matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematis rendah memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa dengan tingkat kecemasan matematis sedang memenuhi tiga dari empat indikator, dan siswa dengan tingkat kecemasan matematis tinggi hanya memenuhi satu dari empat indikator tersebut. Oleh karena itu, guru dan siswa harus mempertimbangkan strategi yang tepat untuk mengurangi kecemasan matematis dalam metode pembelajaran guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
The mathematical problem-solving ability (MPSA) of students in Indonesia is low, with mathematical anxiety identified as a contributing factor. This research sought to explore students' MPSA from the perspective of mathematical anxiety levels using a qualitative approach with a case study method. The participants included 39 grade XI students from a senior high school in Serang City, Banten Province, who had learned arithmetic and geometric sequences. Data collection included written tests for MPSA and non-test techniques such as mathematical anxiety questionnaire and interviews. The results reveal that students with low mathematical anxiety level fulfilled all the indicators of MPSA, students with moderate mathematical anxiety level fulfilled three of the four indicators of MPSA, and students with high mathematical anxiety level only fulfilled one of the four indicators of MPSA. Therefore, teachers and students should consider appropriate strategies to reduce mathematical anxiety in learning methods, aiming to enhance students’ mathematical problem-solving ability.
References
Adhimah, O. K., Ekawati, R., & Fardah, D. K. (2020). Perilaku Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. MATHEdunesa, 9(1), 145–154. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p145-154
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 236–246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973
Ardani, E. R., Sujiran, & Puspananda, D. R. (2021). Analisis Kecemasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Edutama, 1.
Azizah, S. N., & Suhendra. (2020). Mathematics Anxiety of Senior High School Students Based on Extrovert and Introvert PersonalityTypes. Journal of Physics: Conference Series, 1521. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032047
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Indriani, A. N. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kecemasan Matematika Siswa Pada Pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Based Learning. Tesis Magister pada FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.
Marlina, W. O. S., Jafar, & Sudia, M. (2020). Studi Eksplorasi Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Kecemasan Matematika Pada Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(3), 379–392.
Marianti, M. S. (2023). Mathematical problem-solving ability of junior high school students on flat-sided geometric shapes. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 309-320. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1767
Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1123
Mujahidah, S. N., & Khusna, H. (2023). Analisis Kecemasan Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1345–1356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17977
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_3063
NCTM. (2000). Principles and Standart for School Mathematics. The National Council of teachers of Mathematics, Inc.
Noor, F. (2017). Kecemasan dan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169–177. https://doi.org/10.33654/math.v3i3.69
OECD. (2013). PISA 2012 assessment and analytical framework: Mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. Paris, France:OECD Publishing.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In PISA, OECD Publishing: Vol. I. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pattisina, C. Z. D., & Sopiany, H. N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematika pada Materi Lingkaran. Sesiomadika Journal, 769–782.
Polya, G. (1957). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). Princeton University Press.
Prabawanto, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, Dan Self- Efficacy Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metacognitive Scaffolding. Disertasi Doktor pada SPS Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1426
Putri, D., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika Pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(1), 138–152.
Qomariyah, R., Zainudin, M., Isnaini, I., & Rohmah, T. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Etnomatematika Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Konstanta: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 181–195. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i2.826
Rahmani, I., Amrullah, A., Kurniawan, E., & Sarjana, K. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 449–455. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2082
Rahmi, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII Berdaarkan Gaya Kognitif dan Gender. Tesis Magister pada FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.
Rami, D. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self Directed Learning. Skripsi Sarjana pada FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.
Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326
Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11–23. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750
Safitri, R. R., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3469–3485. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i1.59
Sari, D. N. (2022). Pengembangan Buku Soal Matematika Non Rutin dan Pembahasan Pada Tingkat SMP. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Tamba, K. P., & Bermuli, J. E. (2023). Pre-Service Biology Teachers’ Mathematics Anxiety. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 327-338. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.787
Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257
VanGundy, & Arthur, B. (2005). 101 Activities for Teaching Creativity and Problem Solving. In San Francisco: Pfeiffer, A Wiley Imprint.
Widaninggar, N. N., Mardiyana, & Kurniawati, I. (2017). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Lingkaran Berdasarkan Langkah- Langkah Polya Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 117–130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.