Development of Didactical Teaching Materials on Circle Concepts Based on Realistic Mathematics Education

Authors

  • Ellis Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Mimi Nur Hajizah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1785

Keywords:

Teaching materials, didactical design, RME, circle, Bahan ajar, desain didaktis, lingkaran

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar desain didaktis materi lingkaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik (RME) untuk peserta didik SMP kelas VIII. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar yang mengintegrasikan pendekatan kontekstual seperti RME, yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika dengan cara yang lebih relevan dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan: define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Data yang diperoleh dari validasi ahli dan uji coba tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk menilai kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar desain didaktis materi lingkaran berbasis RME memperoleh penilaian yang sangat layak, dengan rata-rata penilaian sebesar 91,4% dari seluruh tahapan uji coba. Oleh karena itu, bahan ajar ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan bahan ajar berbasis RME dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika.

Abstract

This study aims to develop a didactical design of teaching materials on the topic of circles based on Realistic Mathematics Education (RME) for eighth-grade junior high school students. The problem addressed in this research is the lack of teaching materials that integrate contextual approaches such as RME, which can help students understand mathematical concepts in a more relevant and applicable way in everyday life. This research employs a development method using the 4D model, which consists of four stages: define, design, develop, and disseminate. Data collection techniques were conducted through expert validation and small and large group trials. The data obtained from these validations and trials were then analyzed descriptively and quantitatively to assess the feasibility of the developed teaching materials. The results of the study indicate that the didactical design of teaching materials on the topic of circles based on RME received a very feasible rating, with an average score of 91.4% from all trial stages. Therefore, these teaching materials are considered valid and feasible for use in mathematics learning at the junior high school level. The implications of this research suggest that the development of RME-based teaching materials can enhance the quality of mathematics learning, making it more contextual and effective in helping students understand mathematical concepts.

References

Abdussakir & Achadiyah, N.L. (2009). Pembelajaran Keliling dan Luas Lingkaran dengan Strategi REACT pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kota Mojokerto. Prosiding Seminar Nasional matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika UNY, 5 Desember 2009, ISBN: 978-979-16353-3-2

Agterberg, D. A., Oostdam, R. J., & Janssen, F. J. J. M. (2022). From speck to story: relating history of mathematics to the cognitive demand level of tasks. Educational Studies in Mathematics, 110(1), 49-64.

Aini, N., & Suryowati, E. (2022). Mengeksplor penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61-72.

Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 421-434.

Arwadi, F., & Sidjara, S. (2023). The Pedagogical Content Knowledge of Mathematics Pre-Service Teachers on Geometry Topic in Universitas Negeri Makassar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 759-770.

Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 103-112.

Baharuddin dan Wahyuni, E.N. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Brousseau, G. (2002). Theory of didactical Situation in Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Budiyanti, R. (2010). Penelitian Desain dalam Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Menentukan Nilai π, Keliling Lingkaran, dan Luas Daerah Lingkaran Melalui Pendekatan Realistik. (Karya Ilmiah, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 2010, Tidak diterbitkan).

Creswell, J.W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

D’ Amore, B. (2008). Epistemology, Didactics of Mathematics and Teaching Practices. Mediteranian Journal for Research in Mathematics Education, 7(1), 1-22.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika (Peminatan) Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta.

Freiman, V., & Volkov, A. (2022). Historical and didactical roots of visual and dynamic mathematical models: the case of “rearrangement method” for calculation of the area of a circle. In Mathematics Education in the Age of Artificial Intelligence: How Artificial Intelligence can Serve Mathematical Human Learning (pp. 365-398). Cham: Springer International Publishing.

Freudenthal, H. (2002). Didactical Phenomenology of Mathematical Structures. New York: Kluwer Academic Publisher.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Freudenthal Institute.

Hendra, A. (2011). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Luas Daerah Lingkaran. (Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Tidak diterbitkan).

Hudson, B. (2008). “Didactical Design Research for Teaching as a Design Profession”, dalam Teacher Education Policy in Europe: a Voice of Higher Education Institution. Umeå, Swedia: University of Umeå.

Khoirudin, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tahap Berpikir Van Hiele untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring Lingkaran (Suatu Design Research terhadap Peserta Didik Tingkat SMP/MTS). (Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Tidak diterbitkan).

Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 173-182.

Lehmann, T. H. (2024). Learning to measure the area of circles. Research in Mathematics Education, 1-27.

Leviana, M. (2012). Desain Didaktis pada Konsep Hubungan Sudut Pusat, Luas Juring dan Panjang Busur Lingkaran di SMP. (Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Tidak diterbitkan).

Lisnani, & Inharjanto, A. (2023). Students' problem-solving ability using picture story contexts. Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts, 12(1), 101-112.

Manno, G. Embodiment and A-Didactical Situation In The Teaching-Learning of The Perpendicular Straight Lines Concept. (Doctoral thesis, Faculty of Mathematics and Physics Department of Didactic Mathematics Comenius University Bratislava)

Moeharty. (1986). Materi Pokok Sistem-Sistem Geometri. Jakarta: Penerbit Karuniaka Universitas Terbuka.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Nyikahadzoyi, M. R., Mapuwei, T., dan Chinyoka, M. (2013). Some Cognitive Obstacle Faced By ‘A’ Level Mathematics Students in Understanding Inequalities: A Case Study of Bindura Urban High Schools. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(2).

Pradiarti, R. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379-390.

Rahmawati, D., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui proses planning, execution, dan revision ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 191-208.

Riduwan, A. (2016). Skala Pengukuran dan Analisis Data Penelitian. Alfabeta.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membentu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Sulistiawati. (2012). Pengembangan Desain Didaktis Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2003). Realistic Mathematics Education and the Use of Contexts in Mathematics Teaching. Journal of Mathematics Education, 36(3), 131-146. Bahan Ajar Penalaran Matematis pada Materi Luas dan Volume Limas. (Tesis, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Tidak diterbitkan).

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Suparno, P. (2012). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Supriatna, T. (2011). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Pemecahan Masalah Matematis Luas Daerah Segitiga pada Sekolah Menengah Pertama (Tesis, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Tidak diterbitkan).

Suryadi, D. (2010). Penelitian Pembelajaran Matematika untuk Pembentukan Karakter Bangsa. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada 27 November 2010 di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: kajian dari Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika pada 9 Oktober 2010 di Universitas Negeri Padang.

Suryadi, D. dan Turmudi. (2011). Kesetaraan Didactical Design Research (DDR) dengan Matematika Realistik dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS 2011.

Turmudi. (2010). “Pembelajaran Matematika: Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang“, dalam Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA UPI.

. (2012). Landasan Filosofis, Didaktis, dan Pedagogis Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Van de Walle, J. A. (2005). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. Ontario: Pearson Education Canada Inc.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2003). Realistic Mathematics Education and the Use of Contexts in Mathematics Teaching. Journal of Mathematics Education, 36(3), 131-146.

Widdiharto, R. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan Matematika Departeman Pendidikan Nasional.

Wijaya, S., & Wijayanti, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education pada Pembelajaran Geometri di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 157-170.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Salsabila, E., & Mimi Nur Hajizah. (2024). Development of Didactical Teaching Materials on Circle Concepts Based on Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 923–934. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1785

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.