Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptive Reasoning Siswa

Authors

  • Ida Nuraida Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.471

Keywords:

Matematika Realistik, Adaptive Reasoning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan adaptive reasoning siswa yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education karena tahap pembelajaran ini mendukung pada indikator kemampuan adaptive Reasoning siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan pencapaian kemampuan adaptive Reasoning siswa melalui pendekatan pembelajaran RME. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling dengan kelas IXF sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran RME dan kelas IXG sebagai kelas kontrol yaitu pembelajaran biasa yang masing-masing terdiri dari 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen tes berupa uraian berjumlah 4 soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t dan uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa Peningkatan adaptive reasoning siswa kategori PS (atas dan menengah) yang memperoleh pembelajaran RME lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Konvensional.

References

Gravemeijer, K. (2004). Local Instructional Theories as Means of Support for Teacher in Reform Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning. 6(2), 105-128. Lawrence Erlbaum Association, Inc.

Hudojo, H. (2004). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Malang: Japan International Cooperation Agency.

Killpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Rianasari, V.F, Budayasa, I, Patahudin, S.M. (2012). Supporting Students’ Understanding of Percentage. Jurnal JME IndoMS vol. 3 No. 1 January 2012, pp.29-40

Ruseffendi, E. T. (2010). Pengantar Kepada membantu guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suryadi dan Suratno. (2014). Kemandirian Pendidik. Kisah Pendidik Reflektif dan Profesional Pembelajaran. SPs UPI. Bandung.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Nuraida, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptive Reasoning Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 25–32. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.471

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.