Math Communication Growth through Two Stay Two Stray Approch
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v14i1.2838Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Pengaruh, Two Stay Two Stray, Mathematical Communication Ability, The EffectAbstract
Kemampuan komunikasi matematika siswa masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Sains A2 dan A4 yang berjumlah 72 siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa lima tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Data dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000, dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun nilai effect size sebesar 1,7 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Two Stay Two Stray sebesar 95,5% terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI.
Students' mathematical communication ability in schools are still very low. This study aims to analyze the effect of the two stay two stray learning model on the mathematical communication ability of grade XI students. The research sample was 72 grade XI A2 and A4 Science students. The method used was a quasi-experimental study with a pretest-posttest control group design. The research instrument was five essay tests to measure mathematical communication ability. The data were analyzed using the Independent Sample T-Test with a significance value of 0,000, from these results it is known that the significance value of 0,000 < 0,05. The effect size value of 1,7 indicates that there is an influence of the Two Stay Two Stray model of 95,5% on the mathematical communication ability of grade XI students. Thus, it can be concluded that there is an influence of the Two Stay Two Stray learning model on the mathematical communication ability of grade XI students.
References
Andani, M. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Materi Tabung. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 807–814.
Awanis, D., & Yusnaldi, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas V MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3453–3468.
Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364
Dewanto, M. D., Budiyono, & Pratiwi, H. (2019). The Experiment of TAPPS, TSTS, and DL learning Models Viewed through Adversity Quotient in Mathematics Learning Achievement. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755- 1315/243/1/012124
Diniati, A. P., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IV SD Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44
Fitriani, Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Baidowi, B. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1552– 1563. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.817
Hidayatuloh, A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segiempat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 213-220. https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1393
Ikhsan, D. M., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2), 203-214.
Istiani, A., Widiyanto, H., & Suningsih, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Edumath, 5(1), 38–45.
Jamila, A., Coesamin, M., & Wijaya, A. P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 18(2), 26–37. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v18i2.pp26-37
Linda, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-efficacy pada Materi Segiempat dan Segitiga di Desa Sirnajaya. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(1), 20-43.
Lubis, M. M., Misykah, Z., & Naution, M. D. (2024). Identifikasi Kesulitan Belajar Anak Pada Pelajaran Matematika Kelas Rendah. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan, 2024(1), 7–12.
Masrukan, & Khairunnisa, M. (2020). Product assessment of mathematical representation ability viewed from student’s cognitif style. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1567/3/032019
Mayasari, R., Satinem, Y., & Sofiarini, A. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 421–434. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i0 2.1700
Noviana, F., Mulqiyono, S., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kabupaten Bandung. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 583.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p583- 590
Nurrokhim, M., Rahmi, D., & Fitraini, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Telekomunikasi Ditinjau dari Kemampuan Awal. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 2(2), 155. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7524
Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.752
Respati, P., & Qohar, A. (2021). Implementation of Two Stay Two Stray (TSTS) Learning Model to Improve College Students’ Learning Activities on Geometry Course. Journal of physics: conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012112
Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R. N. A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Buku Referensi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita menulis.
Sarumaha, K. S., Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV dI KELAS VIII SMPN 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(12), 1–14.
Sekali, J. B. K., Toruan, S. M. L., Siallagan, C. R., Siahaan, F. B., & Sihombing, D. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.A 2021/2022. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, Special Issue, 208–214.
https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.819
Septikayanti, T., Prayitno, S., Kurniawan, E., & Kurniati, N. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMPN 16 Mataram. Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 117.
Sudiman, A., Habsyi, R., & Saleh, R. R. M. (2023). Pembelajaran Geometri Berbantuan Goegebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1156–1161.
https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1390
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuanlitatif Kuantitatif dan R&D (Sutopo Ed). Alfabeta.
Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107.
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Suwangsih, E., Budiarti, M. R., Ruskandi, K., Hendawati, Y., & Majid, N. W. A. (2019). Two-Stay Two-Stray Model on Improving Mathematical Communication Skill of Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1).
https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1318/1/012127
Taufik, W. K. dan A. (2021). Penerapan Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran SKI untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Sanabil Creative.
Tewu, V., Sumarauw, S. J. A., & Wenas, J. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas 8 SMP N 3 Motoling Timur. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(2), 814–819. https://doi.org/10.46306/lb.v5i2.626
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Materi Geometri. JPM, 11(1), 50–61.
Ulymaz, B. A. A., Baidowi, B., Kurniawan, E., & Sripatmi, S. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2597–2607. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.996
Une, D. F., Pomalato, S. W. D., & Machmud, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jambura: Journal of Mathematics Education, 4(1), 11–23.
https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18206
Utami, L. F., Pramudya, I., & Slamet, I. (2021). Students’ Mathematical Communication Ability in Solving Trigonometric Problems. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1796/1/012008
Warnawati, W., Hayati, L., Junaidi, J., & Hikmah, N. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batukliang Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1380–1389.
https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1514
Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 187–197.
https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p 187-197
Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Relasi Rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 54–64. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14263
Zohriah, Z., Ahyan, S., & Endriana, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 591-600. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.1993
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.