Self-Efficacy Matematik Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i2.313Keywords:
self-efficay matematis, sumber-sumber self-efficacy, dimensi-dimensi self-efficacyAbstract
Dalam pengajaran matematika pada tingkat sekolah dasar dan menengah perlu diberikan pengetahuan tentang self-efficacy (kepercayaan diri) dalam pemecahan masalah matematika. Self-efficacy matematik adalah penilaian terhadap diri sendiri terhadap matematika yang meliputi keyakinan diri dalam menyelesaikan masalah matematika, keyakinan dalam belajar memahami konsep, dan prinsip matematika. Yang termasuk sumber self-efficacy yaitu pengalaman kinerja, model sosial, persuasi sosial, membangkitkan emosi sedangkan dimensi dari self-efficacy ada tiga dimensi yaitu dimensi magnitude, dimensi strength, dan dimensi generality. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi self-efficacy antara lain keberhasilan dan kegagalan pebelajar sebelumnya, pesan yang disampaikan dari orang lain, kesuksesan dan kegagalan orang lain, kesuksesan dan kegagalan dalam kelompok yang lebih besar.
References
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Bandura, A. (1986a). Self-efficacy. : http://www.des.emory.edu/mfp/ban Ency: html. (diakses 24 Pebruari 2011)
_____________ (1986b). Teori Belajar Kognitif Sosial Bandura. : http://www. floridabrasil .com/brazilian/40.html. (diakses 21 Pebruari 2011).
_____________ (1994). Self-efficacy. In. V. S. Ramachaudrant (Ed). Encyclopedia of Human Behavior (vol.4. pp.71-81) New York: Academiic Press. : http:// www. Des. Emory.edu/mfp/ Ban Ency. Html. (diakses 5 Maret 2011).
______________ (1997). Self-Efficacy .The Exercise of Control. New York. Emory.edu/mfp/ Ban Ency. Html. (diakses 5 Maret 2011).
Frank P. & Miller, M.D (1995). Self-efficacy Mathematics and Achievement Mathematics A Assessment Specifics. University Florida. (online): http://www.google. co.id/#slient=psy8hl=idsoucrce=hp8q=mathematics+efficacy+and+achievement+mathematics+a+assessment+specifics. Diakses 10 Agustus 2011.
Pajares, F.& Schunk, D.H. (2001). Self-beliefs and school success: Self- efficacy, Self-concept, and school achievement. In R. Riding & S. Rayner (Eds.), Perception (pp.239-266).
Feits, J. & Feits J.G.(2009). Theories of Personality, Teori Kepribadian, Alih Bahasa. Sjaputri. P.S. Penerbit: Edward Tanujaya.
Hackett, G dan Betz, N. E. 1989. An Exploration of the Mathematics Self-Efficacy Mathematics. Correspondence Journal of Research in Mathematics Education.
Hendriana H. (2009). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Peningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika, Komunikasi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. SPS. UPI. Tidak dipublikasikan
Martin, J. 2004. Self-regulated learning social cognitive theory, and agency. Educational psychologist, 39(2), 135-145.
Ormrod J. E.( 2008). Educational Psychology Developing Learners. Sixth edition. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2. Edisi 6. Alih Bahasa: Amitya Kumara. Penerbit Erlangga
Santrock, J. W, ( 2010). Educactional Psychologi. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Alihbahasa. Tri Wibowo, Jakarta: Kencana.
Schraw, G. (1998). Promotiong general metacognitive awaraness, Instructional Science, 26. 113-125. http://idwikipedia.org/wiki/self-efficacy/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.