Perbandingan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Melalui Metode Problem Based Instruction (PBL) Dengan Metode Konvensional
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.303Keywords:
kemampuan penalaran matematis, problem based instruction, PBI, konvensionalAbstract
Reasoning is activity or process of thinking to interest or make a new right expression. However, in fact, the activity mathematics is still low. This research uses two models of learning, they are Problem Based Instruction (PBI) method and convensional method. The purpose of this research is to find out the comparison of the students' achievement of know activity mathematics between using PBI method learning and convensional method learning, to find out the students' activity who get PBI and Convensional method learning, this research uses a significant level 5%. Having the posttest can be concluded that the outcomes of know avtivity mathematics between students who get PBI method learning is better than the students who get Convensional method learning.
Penalaran merupakan suatu kegiatan, suatu proses atau suatu aktivitas berpikir untuk menarik kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru yang benar berdasarkan beberapa pernyataan yang kebenarannya telah dibuktikan atau diasumsikan sebelumnya. Akan tetapi pada kenyataannya penalaran matematis siswa masih rendah. Penelitian ini menggunakan 2 metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBI dan Konvensional, untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran PBI dan Konvensional, untuk mengetahui aktvitas siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBI dan Konvensional dengan taraf signifikan 5%. Setelah melakukan tes akhir dan uji gain dapat diambil kesimpulan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran PBI lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Konvensional.
References
Bourne (1992). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/ [16 Maret 2013]
Dienes (1988). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/[16 Maret 2013]
Handayani, Wiwin. (2011). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika antara Siswa tang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tife Match Dengan Pembelajaran Konvensional. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut : Tidak diterbitkan
Ibrahim (2001). Pengertian Metode Problem Based Instruction. (on-line). Tersedia ://http://www.anakciremai.com/2012/08/pengertian-metode-problem-based.html [16 Maret 2013]
James (1976). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/[16 Maret 2013]
Johnson dan Rising (1988). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/[16 Maret 2013]
Kline (1988). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/[16 Maret 2013]
Nasution (1980). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/[16 Maret 2013]
Nurhadi (2004). Pengertian Metode Problem Based Instruction. (on-line). Tersedia ://http://www.anakciremai.com/2012/08/pengertian-metode-problem-based.html[16 Maret 2013]
Nur Rizal, Fhanie. (2011). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa yang Mendapatkan Metode Belajar SQ3R dengan Konvensional. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut : tidak diterbitkan
Rahadi, M. (2006). Statistika Parametrik. Garut: Tidak diterbitkan
Russeffendi (1988). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/[16 Maret 2013]
Setiani, Nia. (2008). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Pendekatan Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Tipe Soal Open Ended. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut : Tidak diterbitkan
Shadiq (2004). Kemampuan Penalaran Matematika. (on-line). Tersedia://http://matematikaandye.blogspot.com/2013/02/penalaran-matematis-dengan-strategi-html/[16 Maret 2013]
Siegel, S. (1992). Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia
Sujono (1988). Pengertian Matematik. (on-line). Tersedia://http://arifin muslim.wordpress.com/2011/11/12/hakikat matemtika/[16 Maret 2013]
Suprijono, Agus. (2008). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sundayana, R. (2010). Komputasi Data Statistik. STKIP – Garut : Tidak diterbitkan
Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: : Prenada Media Group
T.N. (2013). Hasil Penelitian Pasca Sarjana Universitas Sebalas Maret, Surakarta. (on-line). Tersedia ://http://pasca.uns.ac.id/?p=2914 [16 Maret 2013]
T.N. (2013). Hasil Penelitian Rian Zaldi. (on-line). tersedia ://http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=51969 [16 Maret 2013]
T.N. (2013). Hasil Penelitian Fedelfina Djabumir (on-line). tersedia ://http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=49701 [16 Maret 2013]
Wardhani (2008). Kemampuan Penalaran matematika (on-line). tersedia://http://matematikaandye.blogspot.com/2013/02/penalaran-matematis-dengan-strategi-html/ [16 Maret 2013]
Widaningsih, Dra.Hj.Dedeh. (2011). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Tasikmalaya : Rizqi Press
Wulandari, Ganingsih (2011). Penerapan Based Instruction dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut : tidak diterbitkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2013 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.