Training By Doing

Suatu Inovasi Pendidikan dan Pelatihan Guru

Authors

  • Cici Nurul Haq STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.234

Keywords:

inovasi pendidikan, pelatihan guru, peningkatan kompetensi guru

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dibutuhkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, kemandirian, kreatifitas, inovasi yang dilandasi komitmen tanggung jawab pendidikan baik horizontal maupun vertikal yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dimulai para pengambil kebijakan sampai ujung tombak di lapangan. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam meningkatkan guru yang kompeten dan profesional itu melalui pendidikan dan pelatihan yang dapat mengakomodasi, membekali dan memfasilitasi mereka untuk melaksanakan tugas dan fungsinya tanpa harus meninggalkan sekolah tempat bertugas, berlatih sambil bekerja, berlatih untuk memenuhi tuntutan kerja.

References

BSNP, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, 2006.

Direktorat Tendik Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Standar Kompetensi Guru SMA, Jakarta, 2004

Dit PLP Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Pedoman Umum Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Komptensi Siswa SMP , Jakarta 2003

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2003.

Erman Suherman dan Yaya Sukjaya K, Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika, Bandung, Wijayakusumah 157, 1990

Erman Suherman dan Yaya Sukjaya K, Petunjuk Untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika, Bandung, Wijayakusumah 157, 1990.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Randall S. Schuler dan Susan E. Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Erlangga, 1997.

Soetjiptro dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta, Rineka Cipta, 2004.

Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia, 2002.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara,

Umaedi, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta, Pusat Kajian Mutu Pendidikan, 2004

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2012-05-30

How to Cite

Haq, C. N. (2012). Training By Doing: Suatu Inovasi Pendidikan dan Pelatihan Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.234

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.