Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Metode Pembelajaran Learning Starts with a Question

Authors

  • Eka Fitri Puspa Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.426

Keywords:

pemahaman konsep matematika, Learning Starts with a Question

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Learning Starts with a Question. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 pendidikan matematika Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen (Posttes-only control design). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian yang didapat bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Learning Starts with a Question terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa.

References

Bartle. G. Robert dan Sherbert, R.Donald. (1982). Introduction to Real Analysis.. United States of America. John Wiley & Sons Inc.

Darmadi. (2008). Berpikir analitis, kreatif, kritis, dan inovatif ditinjau dari taksonomi Bloom. Seminar Nasional di Universitas Negeri Surabaya.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanto, dan Suyono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosda.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zaini, Hisyam dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Fitri Puspa Sari, E. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Metode Pembelajaran Learning Starts with a Question. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–34. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.426

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.