Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori APOS
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.557Keywords:
Himpunan, Kemampuan Matematika, Teori APOSAbstract
Penelitian yang dilakukan oleh PISA menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah terutama pada materi himpunan yang merupakan ilmu dasar dari semua cabang ilmu matematika . Tujuan penelitian ini untuk mengungkap profil pemahaman materi himpunan oleh siswa berdasarkan perbedaan kemampuan matematika ditinjau dari teori APOS. Subjek terdiri dari 3 siswa kelas VIII MTs Negeri Ngablak Magelang dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Peneliti sebagai instrumen utama dibantu soal tes mengenai himpunan dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh adalah siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada level skema trans karena mampu melakukan aksi, proses, objek dan skema. Siswa berkemampuan matematika sedang berada pada level skema inter karena mampu melakukan aksi dan proses namun belum mampu menghubungkan objek dengan skema. Siswa berkemampuan matematika rendah berada pada level skema intra karena mampu melakukan aksi namun mengalami kesulitan pada bagian proses sehingga tidak dapat membangun suatu objek. Perbedaan level kemampuan matematika siswa sebanding lurus dengan perbedaan kemampuan pemahaman himpunannya.
References
Adilistiyo, M. E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan. (6), 67–72.
Asiala, M., Brown, A., De-Vries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and Curriculum Development in Undergraduate Mathematics Education. 40, 23.
Asih, Y. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Kelas VII MTs Negeri Surakarta II. Journal (Canadian Dental Association), 70(3), 156–157.
Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. Jurnal Silogisme, 3(1), 1–7.
Dubinsky, E., & McDonald, M. A. (2000). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research. 1–22.
Febriana, C., & Budiarto, mega teguh. (2012). Abstrak. 01, 1–7. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61–70.
Marsudi. (2011). Logika dan Teori Himpunan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251-262.
Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 169–176.
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 06(April), 1–8.
Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Seminar Puspendik 2016.
Nurrizbaeni, N., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik dan Disposisi Matematik Siswa MTs Nurul Hatta Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal On Education, 01(03), 29–36.
OECD. (2016). Country Note - PISA Result from PISA 2015 (Indonesia). 1–8.
Puspitasari, P. & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 155–166.
Sholihah, U., & Mubarok, D. A. (2016). Analisis Pemahaman Integral Taktentu Berdasarkan Teori Apos (Action, Process, Object, Scheme) Pada Mahasiswa Tadris Matematika (Tmt) Iain Tulungagung. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 125.
Suryadi. (2011). Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika.
Yuliana, D., & Ratu, N. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep. 5(1), 51–65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.