Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya

Authors

  • Ika Nur Fitriana Universitas Kristen Satya Wacana
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.572

Keywords:

skema kognitif, peluang, tahapan Polya, cognitive scheme, probability, Polya stage

Abstract

Skema kognitif adalah teori yang digunakan untuk mengetahui perubahan atau perkembangan pengetahuan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema kognitif siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita peluang menggunakan pendekatan Polya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di kelas IX MTs N Ngablak Magelang. Subjek berjumlah 3 siswa masing-masing 1 subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu oleh soal tes berisi soal cerita tentang peluang dan pedoman wawancara. Skema kognitif siswa diperoleh dari hasil penyelesaian soal cerita peluang yang dipandu tahapan Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika membaca soal cerita, ketiga subjek mengalami disekuilibrium. Subjek yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang mengalami proses asimilasi sebelum ekuilibrium dalam memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian, mengeksekusi strategi penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban. Subjek berkemampuan matematika rendah mengalami proses asimilasi dan akomodasi sebelum ekuilibrium dalam memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian dan mengeksekusi strategi, tanpa memeriksa kembali jawaban.

A cognitive scheme is a theory used to determine changes or developments in a person’s knowledge. The purpose of this research is to describe the cognitive scheme of students with higher, medium, and lower mathematical abilities in solving probability problems using the Polya approach. This is a descriptive qualitative research delete conducted in the 9th grade of MTs N Ngablak Magelang. Subjects in this research were 3 students who had a high, medium and low mathematical ability. The research instrument is the researchers who helped by probability question tests and interview guidelines. Students' cognitive schemes are obtained from the results of the solving probability question test guided by the Polya stage. The results showed that three subjects experienced a disequilibrium condition when reading the word problems. Subjects with high and medium mathematical abilities were experiencing an assimilation process before equilibrium in understanding problems, planning strategy, execute the strategy and checking answers. Subjects with low mathematical abilities experience assimilation and accommodation before equilibrium in understanding problems, planning resolution strategies and executing strategies, without checking the answers.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Afriansyah, E. A. (2012). Implementasi Pmri dalam Materi Sifat Komutatif dan Assosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa SD/MI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). 66-72.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

Angreini, E. Y. (2017). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Balok Ditinjau dari Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 1–17.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). 33-38. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.339

Khabibah, S., & Wibowo, T. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp berdasarkan langkah polya. Ekuivalen: Pendidikan Matematika, 20(2). 151–156.

Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Domat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). 323–332. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.321

Nengsih, S., Septia, T., & Febriana, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Peluang Untuk Siswa Kelas Xi Ipa Sma Abadiah 2 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 299–304. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.318

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Ratnawati, L., & Mampouw, H. L. (2015). Deskripsi Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial ditinjau dari Teori Polya oleh Siwa Berdasarkan Perbedaan Matematika. (202012051).

Sinaga, N. Y., & Sinaga, B. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Pokok Bahasan Peluang. 176–184.

Solso. (2007). Psiko Robert. L Maclin, Otto. H Maclin, M. Kimberlylogi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jogyakarta: Kanisius.

Syamsuri. (2016). Skema Berpikir Mahasiswa dalam Mengonstruksi Bukti formal Matematis Menggunakan Cognitive Mapping. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 73–82.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353–364. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.572

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.