Penerapan Metode (TS-TS) untuk Melihat Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Rani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Choirun Niswah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Riza Agustiani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.457

Keywords:

aktivitas belajar, metode Two Stay Two Stray, TS-TS, learning activities

Abstract

Aktivitas belajar diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Aktivitas siswa sangatlah diperlukan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat melihat aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah diterapkan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) di SMP Negeri 19 Palembang. Untuk mengetahui tujuan penelitian, maka yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods Research. Hasil penelitian ini diambil dari data observasi aktivitas siswa pada setiap pertemuan, wawancara kepada sampel terpilih, dan dokumentasi, kemudian dapat disimpulkan bahwa: setelah diterapkan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 19 Palembang, aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori aktif dengan rata-rata 75, dimana 12 orang siswa berada pada kategori sangat aktif, 7 orang siswa berada pada kategori aktif, 8 orang siswa berada pada kategori cukup aktif, 3 orang siswa berada ada kategori kurang aktif, dan 1 orang siswa berada pada kategori sangat kurang aktif.

Learning activity is defined as an activity undertaken by students in the implementation of the learning process. Student activity is very necessary in the learning process. The purpose of this study is to observe the student learning activities in the study of mathematics after applied Two Stay Two Stray (TS-TS) method in SMP Negeri 19 Palembang. This research is a Mixed Methods Research. The data of this study is observational data of student activity at each meeting, interview data of the selected sample, and documentation. From the data analysis, it can be concluded that after applied the Two Stay Two Stray (TS-TS) method in mathematics instructions at SMP Negeri 19 Palembang, student learning activities included in the category of active with an average of 75: 12 very active students, 7 active students, 8 sufficient students, 3 less active students, and 1 very less active student.

References

A.M, Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Kurnia. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 1 Gelumbang Muara Enim. Skripsi. Palembang: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Raden Fatah.

Herawati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Acaeh. Jurnal Peluang, Vol.3, No.2, April 2015 tersedia di (http://jurnal.unsyiah.ac.id). Diakses 08 Februari 217.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.

Oviyanti, Fitri. (2009). Pengelolaan Pengajaran. Palembang: Rafah Press.

Redaksi Sinar Grafika. (2011). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional UU RI no. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Saputra, Very Hendra. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Smp Kelas Viii Di Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol.3, No.2, hal 156-166, April 2015 tersedia di(http://jurnal.fkip.uns.ac.id) diakses 15 Desember 2015.

Zaini, Hisyam. (2011). Pembelajaran Aktif. Jakarta: CTSD.

Downloads

Published

2017-05-30

How to Cite

Rani, Niswah, C., & Agustiani, R. (2017). Penerapan Metode (TS-TS) untuk Melihat Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.457

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.