Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Segeri

Authors

  • Zam Immawan Alam STKIP Andi Matappa Pangkep
  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.469

Keywords:

Research and Development, metode penemuan terbimbing, model ADDIE

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa matematika berbasis metode penemuan terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Segeri dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap implementasi dan evaluasi. Lembar Kegiatan Siswa  yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing divalidasi dan mengalami beberapa kali revisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 81,21 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,51; (2); banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 25 dari 27 orang (92,59%); (3) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran memenuhi kriteria waktu yang ditetapkan; (4) tanggapan siswa terhadap lembar kegiatan siswa dengan metode penemuan terbimbing sangat positif  (5) guru mampu mengelolah pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dengan skala penilaian sangat baik.

References

Ali Hamzah, 2014, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Aris Dwi Cahyono, Daryanto, 2014, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar), Yogyakarta Gava Media, Yogyakarta

Conny R. Semiawan, 2007, Catatan Kecil Tentang Penelitian Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Kencana Predana Media Grup, Jakarta

Dany Haryanto, Niken Ariani, 2010, Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta

Dewi Puspita Sari, Isriani Hardini, 2012, Sarategi Pembalajaran Terppadu (Teori, konsep & Implementasi), Rosdakarya, Pekalongan

Endang Mulyatiningsih, 2011, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidika, Alfabeta, Bandung

Jumanta Hamdayama, 2014, Model dan Metode pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter, Ghalia Indonesia, Jakarta

Masnur Muslich, 2009, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetnsi dan Kontekstual, Bumi Aksara, Malang

Nana Syaodih Sukmadinata, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Rahmad Kamaruddin, 2012, Pengembangan Bahan Ajar Materi Geometri Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele Berbasis karakter untuk Siswa Kelas VII SMP, Tesis, PPs UNM, Makassar

Risma, 2015, Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Labakkang, Skripsi, STKIP Andi Matappa, Pangkep

Roestyah N.K, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Alam, Z. I., & Razak, F. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Segeri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.469

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.