Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Segeri
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.469Keywords:
Research and Development, metode penemuan terbimbing, model ADDIEAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa matematika berbasis metode penemuan terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Segeri dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap implementasi dan evaluasi. Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing divalidasi dan mengalami beberapa kali revisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 81,21 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,51; (2); banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 25 dari 27 orang (92,59%); (3) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran memenuhi kriteria waktu yang ditetapkan; (4) tanggapan siswa terhadap lembar kegiatan siswa dengan metode penemuan terbimbing sangat positif (5) guru mampu mengelolah pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dengan skala penilaian sangat baik.
References
Ali Hamzah, 2014, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Aris Dwi Cahyono, Daryanto, 2014, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar), Yogyakarta Gava Media, Yogyakarta
Conny R. Semiawan, 2007, Catatan Kecil Tentang Penelitian Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Kencana Predana Media Grup, Jakarta
Dany Haryanto, Niken Ariani, 2010, Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta
Dewi Puspita Sari, Isriani Hardini, 2012, Sarategi Pembalajaran Terppadu (Teori, konsep & Implementasi), Rosdakarya, Pekalongan
Endang Mulyatiningsih, 2011, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidika, Alfabeta, Bandung
Jumanta Hamdayama, 2014, Model dan Metode pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter, Ghalia Indonesia, Jakarta
Masnur Muslich, 2009, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetnsi dan Kontekstual, Bumi Aksara, Malang
Nana Syaodih Sukmadinata, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung
Rahmad Kamaruddin, 2012, Pengembangan Bahan Ajar Materi Geometri Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele Berbasis karakter untuk Siswa Kelas VII SMP, Tesis, PPs UNM, Makassar
Risma, 2015, Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Labakkang, Skripsi, STKIP Andi Matappa, Pangkep
Roestyah N.K, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.